Peer Review Process

  1. Proses peer-review dilakukan setelah naskah lolos tahap editing. Pada tahap ini, editor memeriksa kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal dan kesesuaian dengan template Jurnal. Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke reviewer atau dikembalikan/decline.
  2. Proses peer-review menggunakan metode double-blind review, artinya identitas reviewer dan penulis dirahasiakan.
  3. Sebagai tool yang menjaga tingkat plagiarism tetap dibawah ketentuan jurnal, Jurnal magnetic menggunakan software Turnitin.
  4. Dalam proses review, reviewer mempertimbangkan kesesuaian judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. Reviewer juga memeriksa kebaruan temuan, dampak penelitian, dan referensi yang digunakan dalam naskah.
  5. Setelah proses peer-review, naskah dikembalikan ke editor dan kemudian diteruskan ke penulis untuk direvisi. Lamanya proses revisi yang diberikan penulis maksimal 5 hari.
  6. Setelah penulis merevisi naskah, naskah dikembalikan kepada editor, kemudian editor memeriksa hasil revisi penulis dan memberikan keputusan pada makalah tersebut (diterima/direvisi/ditolak).
  7. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal Magnetic.
  8. Naskah yang telah diterima akan diserahkan ke proses produksi untuk dipublikasikan.