Kajian Semiotik Peirce pada Media Buku Mandala sebagai Alternatif Mengurangi Kecemasan Siswa Kelas V SDN Serdang Wetan Tangerang

Authors

  • Lutfi Saputri Universitas Esa Unggul
  • Khusnul Fatonah Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i2.123

Keywords:

Mewarnai, Buku Mandala, Semiotik Peirce, Kecemasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan peserta didik melalui kegiatan mewarnai buku Mandala yang diimplementasikan di kelas VA di SDN Serdang Wetan Tangerang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori semiotik Pierce yang biasa disebut dengan segitiga tanda mencakup representament, object, dan interpretant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representament dalam kegiatan mewarnai buku Mandala adalah lingkaran. Representament ini sama untuk semua siswa. Terdapat delapan lingkaran pada penelitain buku Mandala ini. Object didominasi warna terang, seperti kuning, oranye, biru muda, merah, dan hijau muda. Interpretant berdasarkan dengan teori warna, kuning memiliki ciri sebagai hal yang ceria yang melambangkan keceriaan. Oranye melambangkan rasa percaya diri. Biru muda mewakili keunggulan yang melambangkan kesejukan. Merah warna yang menggambarkan keberanian yang melambangkan kekuatan. Hijau muda sering dikaitkan dengan kesuburan yang melambangkan ketenangan. Biru tua memiliki makna yang canggih yang melambangkan keeleganan. Hasil wawancara, warna yang lebih banyak disukai oleh peserta didik adalah warna kuning, biru tua, dan putih. Setelah melakukan kegiatan mewarnai siswa merasa senang dan dapat mengurangi kecemasan yang dialaminya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, J., & Ramadhana, F. (2017). Teknik Pewarnaan Desain Mandala Mengurangi Kecemasan pada Dewasa Awal. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10536
Albar, M. W. (2018). Analisis Semiotik Charles Sander Pierce Tentang Taktik Kehidupan Manusia: Dua Karya Kontemporer Putu Sutawijaya. Lensa Budaya, 13(2), 262–273.
Alfin, J. (2014). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Pendikan Islam, 23–24.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/
Apriliana, I. P. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2019). Mereduksi Kecemasan Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.201931.46
Apriyana, R., Widianti, E., & Muliani, R. (2020). The Influence of Mandala Pattern Coloring Therapy Toward Academic Stress Level on First Grade Students at Nursing Undergraduate Study Program. NurseLine Journal, 5(1), 186. https://doi.org/10.19184/nlj.v5i1.13556
Azhar, A. (2017). Media Pempelajaran. In R. Asfah (Ed.), Media Pembelajaran (20th ed., p. 23). PT Raja Grafindo Persada.
Bass, K. M., Bush, T. L., & Westhoff, C. (2015). Tinjauan Teori tentang Semiotik. Menopause, 2(3), 145–158. https://doi.org/10.1097/00042192-199502030-00006
Berger, A. A. (2015). Pengantar Semiotika (M. Yahya (ed.); Edisi Baru). Penerbit Tiara Wacana.
Carnegie, D. (2019). Petunjuk Hidup Bebas Stres dan Cemas (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.
Delfina, R. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Media Kesehatan, 10(2), 185–190. https://doi.org/10.33088/jmk.v10i2.344
Dewi, R. K. (2019). Karakteristik Peserta Didik. Karakteristik Belajar Anak. https://www.kompasiana.com/ratihkurnia, 28 Januari 2021 pukul 14.34 wib
Dirman, C. J. (2014). Karakteristik Peserta Didik. In S. Hairun Nufus (Ed.), Dalam Rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Penerbit Rineka Cipta.
Faradina, S., Az Badal, S. S., Natasya, M., Kamilah, K., Oviyani, E., Belangi, M., Dewi, H. M., & Sumarno, S. (2019). Pengaruh Mewarnai Mandala Terhadap Menurunnya Kecemasan Pada Mahasiswa Di Banda Aceh. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 2(2), 108–121. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v2i2.14210
Hardani, D. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Hasibuan, T. (2018). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Mandala Terhadap Kecemasan Mahasiswa Pertanian Universitas Sumatera Utara Sebelum Pratikum Di Laboratorium. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Hawari, P. D. dr. H. D. (2011). Manajemen Stres, Cemas dan Depresi (ke 2). Balai Penerbit FKUI.
Hayat, A. (2017). Kecemasan dan Metode Pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1), 52–63. https://doi.org/10.18592/khazanah.v12i1.301
Hoed, B. H. (2014). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya (Sarifudin (ed.); Edisi Keti). Komunitas Bambu.
Joebhaar, M. (2003). Kecemasan. In Bagaimana Mengatasi Penyebabnya (Dr. Savitr, p. 3). Pustaka Populer Obor.
Kartika, D. (2020). Faktor – Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. 4, 3544–3549.
Kurnia, A., & Ediati, A. (2018). Pengaruh Coloring Mandala terhadap Negative Emotional State pada Mahasiswa. 7(April).
Kurnia Ayu S, A. E. (2018). PENGARUH COLORING MANDALA TERHADAP NEGATIVE EMOTIONAL STATE PADA MAHASISWA. PENGARUH COLORING MANDALA TERHADAP NEGATIVE EMOTIONAL STATE PADA MAHASISWA, Volume 7 (, Halaman 160-166. ejournal3.undip.ac.id
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503
Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2017). Kecemasan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Gender. 1(2), 92–99.
Majidah, M., Hasfera, D., & M. Fadli, M. F. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. RISTEKDIK?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106
Meilani. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, 4(1), 326. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3443
Monica, & Christina, L. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158
Muhammad, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. 9(1), 1–7.
Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. 36–48.
Novita, H. (2013). Terapi Warna untuk Mengurangi Kecemasan. Psikolog, 01(c), 2–6.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Putu, A. (2020). Analisis Semiotika Komunikasi Visual.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rini Fitria. (2015). Analisis Charles Sanders Peirce daam iklan kampanye pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur provinsi Bengkulu Tahun 2015. Https://Ejournal.Iainbengkulu.Ac.Id/Index.Php/Manhaj/Article/View/698, 6(1), 44–50. https://doi.org/https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/698
Rizky, A. A., & Ridfah, A. (2020). Pengaruh mewarnai mandala dalam mengurangi stres pada narapidana di Lapas Kelas I Makassar. 7(1), 60–69.
Rizqiyah, K. A. L. (2021). Pemaknaan Warna Merah dalam Film “Undangan Kuning” Karya Nadjib Kartapati Z ( Studi Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce ).
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiah Dan Keguruan, 1–5.
Safitri, D. P., & Masykur, A. M. (2017). Hubungan Efikasi dengan Kecemasan Menghadapi Kajuaraan Nasional pada Atlet Tenis Lapangan Pelti Semarang. 6(April), 98–105.
Sarnawi. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis, 78–95.
Sasongko, S. (2021). Analisa Struktur Estetika Motif dan Warna Batik Trusmi Jenis Ceplokan, Motif Ikan Koi melalui Teori Semiotika. 2(1), 69–79.
Sasongko, Suyanto, & Kurniawan. (2020). Analisis Kombinasi Warna pada Antarmuka Website Pemerintah Kabupaten Klaten. Jurnal Teknologi Technoscientia, 12(2), 153–158.
Savitri, R. (2003). Kecemasan. In Bagaimana Mengatasi Penyebabnya (Pertama). Pustaka Populer Obor.
Siregar, E. D., & Wulandari, S. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanderspierce: Relasitrikotomi (Ikon,Indeks dan Simbol) dalam Cerpenanak Mercusuar karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(1), 29–41. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
Soendari, T. (2010). Metode Penelitian Deskriptif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–25.
Sri, S. (2018). Antisipasi Menghadapi Masa Pensiun Ditinjau Dari Aspek Pengendalian Kecemasan. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(1), 17–34.
Sucianti, I. D. (2018). Penyusunan skala kecemasan aspek kognitif untuk siswa kelas V sekolah dasar.
Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). ALVABETA,CV.
Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (27th ed.). ALVABETA,Cv.
Syah, M., Rosdakarya, R., Sumantri, M., & Didik, P. P. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 89–99.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 2(2).
Toni, A. (2017). Studi Semitoka Pierce pada Film Dokumenter ‘ The Look of Silence?: Senyap .’ 11(April), 137–154.
Tri, W. (2020). Kecemasan Siswa saat PJJ, Perlu Perhatian Menyeluruh. 25 Oktober 2020 07:51. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/10/25/kecemasan-siswa-saat-pjj-perlu-perhatian-menyeluruh/
Ullathifah, N. (2017). Colouring Activities untuk Mereduksi Stres Sekolah Pada Siswa SD.
Veralestari, S. (2018). Efektivitas Mewarnai Pola Mandala dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa Program Sarjana yang sedang Mengerjakan Tugas Akhir di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. 4–16.
Weisarkurnai, B. F. (2017). Representasi Pesan Moral dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jom Fisip, 4(1), 1–14.
Zoest, P. S. dan A. van. (1996). Serba-Serbi Semiotika (S. Ali (ed.); Cetakan ke). Percetakan PT Gramedia.

Published

29-11-2021

How to Cite

Kajian Semiotik Peirce pada Media Buku Mandala sebagai Alternatif Mengurangi Kecemasan Siswa Kelas V SDN Serdang Wetan Tangerang. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 18-33. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i2.123