Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Fisika di SMA Pokok Bahasan Usaha dan Energi

Authors

  • Fernince Pote Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/magnetic.v4i1.428

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Konvensional, Prestasi Belajar, Usaha dan Energi

Abstract

Penelitian secara deskriptif dan komparatif untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan konvensional yang diberikan kepada kelompok kontrol. Variabel terikat adalah prestasi belajar fisika. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji-t . Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan dengan model pembelajaran inkuiri termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan model pembelajaran konvensional termasuk kategori tinggi. Secara komparatif ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. B. Rianto, “Effect of Model Inquiry Learning for Higher-Order Thinking Skills Students,” vol. 1, no. 1, 2021.

S. A. Arista, S. Irawati, dan A. Primaryani, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Viii.1,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 1, no. 1, pp. 100–104, 2017, doi: 10.33369/diklabio.1.1.100-104.

Hijrawati, M. Arsyad, dan B. Dara, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Makassar,” J. Pendidik. Fis. Univ. Negeri Makassar, pp. 1–8, 2021.

S. Della Setiasih, R. L. Panjaitan, dan J. Julia, “Penggunaan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Magnet di Kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 421–430, 2016.

N. L. Sutarningsih, “Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD,” J. Educ. Action Res., vol. 6, no. 1, p. 116, 2022, doi: 10.23887/jear.v6i1.44929.

Nurlatifah, Bahtiar, dan M. Kafrawi, “Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis,” J. Pendidik. Fis. uin-alauddin, vol. 7, no. 2, pp. 184–188, 2019.

Sugiarto, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar,” vol. 4, no. 1, pp. 1–23, 2016.

R. Megawati, “Application of the Guided Inquiry Learning Model to Improve Student Creativity and Activeness in the Teaching and Learning Process Biology Education Study Program,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 5, pp. 2412–2422, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i5.3744.

J. Materi, F. Jmpf, H. Nur, and I. Sari, “Pembelajaran Fisika dengan Model Predict Observe Explain ( Poe ) Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA,” vol. 9, pp. 138–144, 2019.

E. E. Wahyudi, N. S. Aminah, and S. Sukarmin, “Pembelajaran Optika Geometri Melalui Problem Based Learning (Pbl) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma Kelas X Tahun 2014/2015,” Inkuiri J. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 3, p. 49, 2018, doi: 10.20961/inkuiri.v6i3.17842.

A. Nisaa and A. Mu, “Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar The Influence of the Use of Pasco Scientific Teaching Aids Against Learning Outcomes and Scientific Attitudes of University of Flores Physics Study Program Students Pengaruh Penggunaan Alat Peraga,” vol. 7, pp. 325–332.

M. A. Fitriani, I. K. Winatha, and N. Nurdin, “Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Make a Match,” vol. 8, no. 2, pp. 99–107, 2013, [Online]. Available: https://lens.org/090-847-830-298-968

Downloads

Published

2024-03-19

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Fisika di SMA Pokok Bahasan Usaha dan Energi. (2024). Magnetic: Research Journal of Physics and It’s Application, 4(1), 276-280. https://doi.org/10.59632/magnetic.v4i1.428