Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa SMA

Authors

  • Ety Kurniati Universitas Palangka Raya
  • Kadek Ayu Cintya Adelia Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59632/magnetic.v3i2.387

Keywords:

Literasi sains, Problem based learning , Konvensional

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu aspek dalam pendidikan untuk menyiapkan generasi yang mampu menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu dimensi dari literasi sains yaitu dimensi kompetensi. Berdasarkan data PISA dan data studi awal bahwa literasi sains kompetensi siswa Indonesia masih rendah. Salah satu pembelajaran yang memberikan pengaruh positif terhadap literasi sains yaitu problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap literasi sains siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel kelas eksperimen dan kontrol menggunakan random cluster sampling.  Subyek penelitian ini berjumlah 68 siswa SMAN 1 Kota Bima yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa lainnya sebagai kelas kontrol. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkan siswa pada kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensioanal. Penelitian ini menggunakan instrument tes literasi sains kompetensi berupa 13 butir soal dengan reliabilitas sebesar 0,489. Data penelitian dianalisis dengan uji t one tail. Hasil uji t literasi sains kompetensi siswa diperoleh thitung= 2,89 > 2 =ttabel(0.05;66), menunjukkan bahwa literasi sains kompetensi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

OECD, PISA for Development Assessment and Analytical Framework. 2018. [Online]. Available: https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analytical-framework_9789264305274-en

OECD, PISA 2015 Results, Excellence and Equity in Ed ucation, vol. I. 2016. [Online]. Available: https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2015-results-volume-i_9789264266490-en

O. PISA, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 2019. [Online]. Available: https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

F. Kurnia, Zulherman, and A. Fathurohman, “Analisis bahan ajar fisika SMA kelas XI di kecamatan Indralaya Utara berdasarkan kategori literasi sains,” J. Inov. Dan Pembelajaran Fis., vol. 1, no. 1, pp. 43–47, 2014.

A. Widayoko, E. Latifah, and L. Yuliati, “Peningkatan Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMA dengan Bahan Ajar Terintegrasi STEM pada Materi Impuls dan Momentum,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 11, pp. 1463–1467, 2018, [Online]. Available: http://e-resources.perpusnas.go.id:2048/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edsdoj&AN=edsdoj.701db669f0704bb59829794690155d0a&site=eds-live

F. Alatas and L. Fauziah, “Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global,” JIPVA (Jurnal Pendidik. IPA Veteran), vol. 4, no. 2, p. 102, 2020, doi: 10.31331/jipva.v4i2.862.

I. Maryati, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 63–74, 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v7i1.342.

P. Giriyanti, “Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi, Agustus 2017,” J. Skripsi Pendidik. Biol., vol. 05, pp. 1–8, 2017.

G. R. Lendeon and C. Poluakan, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa,” SCIENING Sci. Learn. J., vol. 3, no. 1, pp. 14–21, 2022, doi: 10.53682/slj.v3i1.1076.

Tri Pudji Astuti, “Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21,” Proceeding Biol. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 64–73, 2019, doi: 10.21009/pbe.3-1.9.

H. Hotimah, “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Edukasi, vol. 7, no. 3, p. 5, 2020, doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa SMA. (2024). Magnetic: Research Journal of Physics and It’s Application, 3(2), 248-252. https://doi.org/10.59632/magnetic.v3i2.387