Model Pembelajaran Kumon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Dian K. Berebein universitas Nusa Cendana
  • I Wayan Sukarjita universitas Nusa Cendana
  • Vinsensius Lantik universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59632/magnetic.v1i2.121

Keywords:

Model Pembelajaran Kumon; Prestasi Belajar

Abstract

Model pembelajaran Kumon adalah model pembelajaran dengan mengaitkan antar konsep, keterampilan, kerja individual dan menjaga suasana nyaman dan menyenangkan. Bahan pelajarannya dirancang sehingga siswa dapat mengerjakan dengan kemampuannya sendiri, bahkan memungkinkan bagi anak untuk mempelajari bahan pelajaran di atas tingkatan kelasnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kumon.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus dilakukan dengan melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Kupang dengan banyak subyek penelitian 26 orang. Instrumen  yang digunakan pada penelitian diantaranya instrumen pembelajaran dan  lembar observasi. Hasil tes prestasi belajar yang diperoleh siswa per indikator antara lain: Indikator 1 telah mencapai ketuntasan dengan ketuntasan  100,00% dan nilai rerata 100,00%; Indikator 2 (telah mencapai ketuntasan dengan ketuntasan  92,31% dan nilai rerata 79,81%; Indikator telah mencapai ketuntasan dengan ketuntasan 61,54% dan nilai rerata 72,31% pada siklus I dan mencapai ketuntasan 83,1 % dan nilai rerata 96,15% pada siklus II; Indikator 4 telah mencapai ketuntasan dengan ketuntasan 88,46% dan nilai rerata 83,52% dan Indikator 5  telah mencapai ketuntasan dengan ketuntasan 63,58% dan nilai rerata 77,56% pada siklus I dan mencapai ketuntasan 85,26% dan nilai rerata 92,31%  pada siklus II.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Model Pembelajaran Kumon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa . (2021). Magnetic: Research Journal of Physics and It’s Application, 1(2), 81-86. https://doi.org/10.59632/magnetic.v1i2.121