Kajian Etnomatematika Motif Kain Tenun Ikat Tanimbar dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.641Keywords:
Eksplorasi, Etnomatematika, Bahan Ajar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan mengeksplorasi etnomatematika motif kain tenun ikat Tanimbar, dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, serta untuk mengetahui apakah motif kain tenun ikat Tanimbar, dapat digunakan sebagai pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model pengembangan (Research and Development), model pengembangan yang digunakan adalah Perencanaan, Rancangan Produk, Konstruksi Produk, serta Revisi dan Validasi (PRKRV). Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil validasi oleh para ahli validasi dengan menggunakan lembar penilaian kevalidan bahan ajar berbasis etnomatematika dinyatakan layak digunakan, dengan validator I memiliki skor aktual 4,77 dan kriteria sangat valid, validator II memiliki skor aktual 4,55 dan kriteria sangat valid, serta validator III memiliki skor aktual 4 dan kriteria sangat valid, dalam hal ini bahan ajar tersebut memenuhi kriteria sangat valid.
Downloads
References
Astri Wahyuni, dkk (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Ubwahas Semarang: 21-22. Url: https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/1018
Ratumanan G. T, dan Laurens, (2006). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian Pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku. 1 (2). Url: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/4005
Ratuanik Mesak dkk, (2017). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Maluku Tenggara Barat Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika.Url: https://core.ac.uk/download/pdf/230384856.pdf
Laurens, T. Ngilawayan, D., & Pattiasina, J. (2019). Ethnomathematics Study of Islands Indigenous Peoples in Maluku Provinces, Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), pp. 113-122. Url: https://jpp.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/627
Plomp, Tj. (1997). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente. Url: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1185/1/012098/meta
Borg, W.R., & Gall, M.D. (2013). Educational research an introduction. New York, NY: Longman. Url: https://philpapers.org/rec/BORERA-2
Miles dan Huberman. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo. Di akses pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019, pukul 14:41 WIT. Url: http://repository.iainbengkulu.ac.id/9854/
Amirumukminin dan Kartini Aprianti, 2019. Permainan Tradisional Mpa’a Amba Sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Estimasi Matematika Pada Materi Aritmetik Sosial. Seminar Nasional Taman Siswa Bima. STIE Bima. Url: https://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/109
Hunaidah M, dkk (2018) Validitas Model Pembelajaran CinQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Individual Critical Thinking (INCT) dan Collaborative Critical Thinking (CCT). Seminar Nasional Fisika, Program Pascasarjana Uniersitas Negeri Makassar. Url: https://journal.uho.ac.id/index.php/biofiskim/article/view/639
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jakobus Nifanngelyau, Theresia Laurens, Carolina Selfina Ayal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













