Kajian Etnomatematika Motif Kain Tenun Ikat Tanimbar dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Jakobus Nifanngelyau Universitas Lelemuku Saumlaki
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura Ambon
  • Carolina Selfina Ayal Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.641

Keywords:

Eksplorasi, Etnomatematika, Bahan Ajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan mengeksplorasi etnomatematika motif kain tenun ikat Tanimbar, dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, serta untuk mengetahui apakah motif kain tenun ikat Tanimbar, dapat digunakan sebagai pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model pengembangan (Research and Development), model pengembangan yang digunakan adalah Perencanaan, Rancangan Produk, Konstruksi Produk, serta Revisi dan Validasi (PRKRV). Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil validasi oleh para ahli validasi dengan menggunakan lembar penilaian kevalidan bahan ajar berbasis etnomatematika dinyatakan layak digunakan, dengan validator I memiliki skor aktual 4,77 dan kriteria sangat valid, validator II memiliki skor aktual 4,55 dan kriteria sangat valid, serta validator III memiliki skor aktual 4 dan kriteria sangat valid, dalam hal ini bahan ajar tersebut memenuhi kriteria sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Jakobus Nifanngelyau, Universitas Lelemuku Saumlaki

    Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora

  • Theresia Laurens, Universitas Pattimura Ambon

    Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Carolina Selfina Ayal, Universitas Pattimura Ambon

    Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Astri Wahyuni, dkk (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Ubwahas Semarang: 21-22. Url: https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/1018

Ratumanan G. T, dan Laurens, (2006). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian Pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku. 1 (2). Url: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/4005

Ratuanik Mesak dkk, (2017). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Maluku Tenggara Barat Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika.Url: https://core.ac.uk/download/pdf/230384856.pdf

Laurens, T. Ngilawayan, D., & Pattiasina, J. (2019). Ethnomathematics Study of Islands Indigenous Peoples in Maluku Provinces, Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), pp. 113-122. Url: https://jpp.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/627

Plomp, Tj. (1997). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland.Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente. Url: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1185/1/012098/meta

Borg, W.R., & Gall, M.D. (2013). Educational research an introduction. New York, NY: Longman. Url: https://philpapers.org/rec/BORERA-2

Miles dan Huberman. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo. Di akses pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019, pukul 14:41 WIT. Url: http://repository.iainbengkulu.ac.id/9854/

Amirumukminin dan Kartini Aprianti, 2019. Permainan Tradisional Mpa’a Amba Sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Estimasi Matematika Pada Materi Aritmetik Sosial. Seminar Nasional Taman Siswa Bima. STIE Bima. Url: https://semnas.tsb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/109

Hunaidah M, dkk (2018) Validitas Model Pembelajaran CinQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Individual Critical Thinking (INCT) dan Collaborative Critical Thinking (CCT). Seminar Nasional Fisika, Program Pascasarjana Uniersitas Negeri Makassar. Url: https://journal.uho.ac.id/index.php/biofiskim/article/view/639

Published

2025-07-31

How to Cite

Kajian Etnomatematika Motif Kain Tenun Ikat Tanimbar dalam Pembelajaran Matematika. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(02), 273-286. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.641