Fenomenologi Pembelajaran Matematika SMP pada Materi Garis dan Sudut
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.574Keywords:
Fenomenologi, Pembelajaran Matematika, Garis dan Sudut, Pengalaman BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman belajar peserta didik SMP dalam pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini berfokus pada pemahaman subjektif partisipan terhadap pembelajaran di dalam kelas. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, dengan empat informan, yaitu tiga peserta didik kelas VII dan satu guru matematika di MTsS Alkhairaat Kalukubula. Teknik analisis data dilakukan secara tematik berdasarkan model Miles dan Huberman, melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tiga tema utama yang membentuk struktur pengalaman belajar peserta didik yaitu: makna belajar matematika bagi peserta didik, interaksi dan partisipasi dalam pembelajaran, serta kesulitan konseptual dalam memahami materi garis dan sudut. Peserta didik memaknai belajar matematika secara berbeda, tergantung pada keberhasilan memahami materi dan kenyamanan interaksi sosial di kelas. Peserta didik yang memahami materi merasa percaya diri dan senang, sedangkan yang kesulitan cenderung diam, takut bertanya, dan menarik diri dari proses pembelajaran. Selain itu, keterbatasan media visual dan rendahnya kemampuan visualisasi menjadi penyebab utama kesulitan konseptual Peserta didik dalam memahami sudut dan relasinya dengan garis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang bermakna tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga perlu memperhatikan dimensi emosional dan sosial peserta didik.
Downloads
References
Anggraena, Yogi, Jay McTighe, Grant Wiggins, Agus Wasisto Dwi Doso Warso, Shofi Hikmatuz Zahroh, Parno, and Nandang Mufti. 2022.“Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah.” https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf.
Asih, Ni Wayan Risna Kariani, dkk. 2023. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Materi Spldv Berdasarkan Teori Nolting.” Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 14(1):22–30. doi:https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59802.
Basris, Hasan, Deki Wibowo, Budi Juliardi, Yuherman, Taufik Mukmin, Maria Grace Putri Edi, and Suesilowati. 2025. Filsafat Pendidikan. edited by T. Arianto. Sumatera Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Effendi, Adang, Ai Tusi Fatimah, and Asep Amam. 2021. “Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 6(2):250–59. doi:10.25157/teorema.v6i2.5632.
Hadi, Abd, Asrori, and Rusman. 2021. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory. Vol. 3 no 5. Banyumas: CV. Pena Persada.
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Vol. 5. edited by H. Abadi. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Husna, Raudatul, and Intan Azhari. 2024. “Penerapan Teori Van Heilee Pada Pembelajaran Bangun Ruang Di SDIT Lukmanul Hakim.” Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 9(1):81–98. doi:10.32505/azkiya.v9i1.8266.
Khotimah, Risma Mar’atul, Syafira Putri Ayunda, and Vellya Putri Intan. 2023. “Pengembangan Video Edukatif Dengan Animasi Stop Motion Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII SMP.” Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (2023):337–44.
Mulyati, Sri, and Hanif Evendi. 2020. “Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):64–73. doi:10.30656/gauss.v3i1.2127.
Nurfajriani, Wiyanda Vera, Muhammad Wahyu Ilhami, Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, and M. Win Afgani. 2024. “Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10(17):826–33. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272.
Rahayu, Sarah Sri. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Materi Garis Dan Sudut.” Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia 8(3):147–52. doi:10.31957/jipi.v8i3.1338.
Rohmaniah, Duwi Sakiatul, Karlinda Anna Mudrikah, and M. Haikal Ardani. 2025. “Strategi Penciptaan Iklim Kelas Kondusif Melalui Pengelolaan Kelas Dan Penguatan Etos Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Pembelajaran.” Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3):120–36. doi:https://doi.org/10.62383/hardik.v2i3.1757.
Sahir, Syafrida Hafni. 2021. METODOLOGI PENELITIAN. edited by T. Koryati. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Sholehah, Indriana Putri., Triyanto, and Arum Nur. Wulandari. 2021. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 5(5):211–20. doi:https://dx.doi.org/10.20961/jpmmsolusi.v5i5.59032.
Sholichah Fazha Mardhatillatus, Aini Nur Afifah. 2022. “Math Anxiety Siswa: Level Dan Aspek Kecemasan.” Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli) 1(2):125–34. doi:https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374.
Siregar, Nur Fauziah. 2021. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):1919–27. doi:10.31004/cendekia.v5i2.635.
Sitanggang, Derma. 2024. “Analisis Kesulitan Siswa Memahami Konsep, Prinsip, Dan Prosedur Pada Soal-Soal Materi Garis Dan Sudut.” Journal of Student Research 2(2):31–46. doi:10.55606/jsr.v2i2.2752.
Sumianto, Adi Admoko, and Radeni Sukma Indra Dewi. 2024. “Pembelajaran Sosial-Kogniti Di Sekolah Dasar: Implemntasi Teori Albert Bandura.” Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):102–9. doi:https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1015.
Susanto, Sdyoko, and Ali Mahmudi. 2021. “Tahap Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Keterampilan Geometri.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 8(1):106–16. doi:10.21831/jrpm.v8i1.17044.
Wantah, Andrew Christopher, and Hendri Prastyo. 2022. “Analisis Hambatan Belajar Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Garis Dan Sudut.” Jurnal Pedagogik 5(1):54–73. doi:https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2722.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isra Septiani, Nursupiamin, Yulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













