Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education pada Materi Satuan Waktu untuk Siswa Tunarunggu
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v4i2.542Keywords:
pembelajaran multimedia, Lectora Inspire, PMR, satuan waktu, siswa tunarunguAbstract
Anak tunarungu merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang memerlukan perhatian khusus dalam dunia pendidikan, meskipun mereka telah diberikan alat bantu dengar. Keterbatasan anak tunarungu dalam menerima informasi yang disampaikan menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap berbagai materi pelajaran, termasuk matematika. Sifat matematika yang abstrak dan teoritis membuat anak tunarungu semakin kesulitan dalam mempelajarinya. Padahal, matematika memiliki peran yang sangat penting bagi semua manusia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Asuhan Kasih, diketahui bahwa siswa kelas III SDLB mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran matematika pada materi satuan waktu. Satuan waktu merupakan salah satu materi yang penggunaannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pengembangan multimedia menggunakan Lectora Inspire memudahkan anak tunarungu dalam belajar matematika melalui audio dan video. Penerapan pendekatan RME juga dapat membantu anak tunarungu mengembangkan pengetahuan matematis mereka melalui eksplorasi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan persentase uji kelayakan multimedia pembelajaran oleh ahli media sebesar 77,78%, ahli materi dan bahasa sebesar 79,1667%, serta praktisi sebesar 77,9412%, dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire dengan pendekatan RME pada materi satuan waktu dinyatakan valid dan dapat diimplementasikan.
Downloads
References
Amatullah, A. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Inklusif sebagai Upaya Mencegah Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16038–16045.
Aprilia, I. D. (2021). Readiness of Special-Needs Schools in Developing Oral Language Skills Programs for Deaf Students. IJDS: Indonesian Journal of Disability Studies, 8(02), 513–521. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2021.008.02.17
Astriani, S., Astuti, I., & Mering, A. (2022). Learning Media Development Using Lectora Inspire for Social Science Subjects. Sinkron, 7(1), 176–184. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i1.11268
Bakhromovna, S. S. (2022). EPRA International Journal of Research and Development ( IJRD ) THOUGHTS ON THE ORIGIN OF UNITS OF MEASUREMENT AND Shodmonova Sayyora Bakhromovna EPRA International Journal of Research and Development ( IJRD ). 7838(February), 2021–2023.
Chairunnisa, C., & Rismita, R. (2022). Educational challenges for children with special needs in inclusive primary schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.39722
Dan, P. P., Handayani, T., Rahadian, S., Ilmu, L., & Indonesia, P. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusif. 39(1), 27–48.
Earnest, D., Gonzales, A. C., & Plant, A. M. (2018). Time as a measure: Elementary students positioning the hands of an analog clock. Journal of Numerical Cognition, 4(1), 188–214. https://doi.org/10.5964/jnc.v4i1.94
Ekowati, D. W., Azzahra, F. Z., Saputra, S. Y., & Suwandayani, B. I. (2021). Realistic mathematics education (RME) approach for primary school students’ reasoning ability. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(2), 269. https://doi.org/10.25273/pe.v11i2.8397
Faruq, A. Al. (2022). Perlindungan Hukum dan Ham Bagi Anak Dan Disabilitas. E-Journal Al-Syakhsiyyah Journal of Law and Family Studies, 4(1), 1–12.
Govindan, N. P., & S, R. (2018). Mathematical Difficulties Faced By Deaf / Hard of Hearing. Conflux Journal of Education, 2(7), 28–38. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18528.99842
Hikmat, H. (2022). Implementation of Inclusive Education for Children With Special Needs in Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1888–1896. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2338
Hulwani, A. Z., Pujiastuti, H., & Rafianti, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android Matematika dengan Pendekatan STEM pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2255–2269. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.717
Irwandani, I., Umarella, S., Rahmawati, A., Meriyati, M., & Susilowati, N. E. (2019). Interactive Multimedia Lectora Inspire Based on Problem Based Learning: Development in the Optical Equipment. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012011
Iskandar, R., & Supena, A. (2021). Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 124. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1018
Jenahut, K. S., & Lake, A. C. O. R. (2023). Articulate Storyline-Based Learning Media Loaded with Local Wisdom Values in Historical Narrative Text Material for Elementary School Students. 7(3), 566–578.
Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43.
Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 5(1), 37–45. https://doi.org/10.15548/mej.v5i1.2504
Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2024). Desain learning trajectory berbasis etnomatematika dengan strategi flipped classroom pada perkuliahan pendidikan matematika I. Leibniz: Jurnal Matematika, 4(1), 74–85. https://doi.org/https://doi.org/10.59632/leibniz.v4i1.541
Nuraina, N., Fauzi, K. M. A., & Simbolon, N. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Educations (RME) Approach Based on Ethnomatics on the Improvement of Concept Understanding Ability and Students’ Learning Motivation in Elementary School Al-Kausar City of Langsa. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 543–554. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1707
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University.
Putri, R. F., Darmiany, D., & Husniati, H. (2022). Teacher Problems in Learning Children With Special Needs (Abk) At Inclusive School Sdn 1 Selong. Progres Pendidikan, 3(2), 115–120. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i2.233
Rapisa, D. R., & Amka, A. (2018). Identification of Students Receptive Language Skills With Hearing Impairments in Following the Lectures. … Journal of Scientific & Engineering Research, 9(4).
Risnawati, Amir, Z., & Sari, N. (2018). The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012129
Tessemer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Page.
Tessmer, M. (2012). Formative evaluation. In Hypermedia learning environments (pp. 187–210). Routledge.
Zakia, D. L., & Sunardi, S. Y. (2017). The study of visual media use on deaf children in science learning. European Journal of Special Education Research, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.253771
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gaudensia Hiba Soja Koban, Osniman Paulina Maure, Beatrix Purnama Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.