Studi Komparatif Turunan Numerik dengan Metode Selisih Menggunakan Python dan Maple: Akurasi dan Kemudahan Implementasi

Authors

  • Hilmina Rofa' Baedowi UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Nur Hidayati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Ari Wibowo UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.534

Keywords:

Maple, Metode Selisih, Python, Turunan Numerik

Abstract

Implementasi konsep turunan tidak hanya digunakan dalam penyelesaian turunan fungsi eksplisit secara analitik saja, pada praktiknya juga diperlukan pendekatan numerik untuk menentukan hampiran fungsi yang kompleks maupun hampiran pada data diskrit. Penelitian ini mengkaji mengenai akurasi dan kemudahan implementasi aplikasi komputasi Python dan Maple dalam menyelesaikan turunan numerik menggunakan metode selisih, baik metode selisih maju, selisih mundur, maupun selisih pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri atas tahapan meliputi perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Penilaian akurasi hasil turunan numerik pada aplikasi Python dan Maple dilakukan melalui nilai galat mutlak dan penilaian kemudahan implementasi dilihat dari proses pemrograman, tampilan output, dan kecepatan eksekusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Python dan Maple sama-sama akurat dalam menyelesaikan turunan fungsi eksplisit yang rumit maupun data diskrit menggunakan turunan numerik metode selisih maju, selisih mundur, maupun selisih pusat. Metode selisih pusat memiliki galat terkecil, artinya metode selisih pusat menghasilkan nilai yang paling mendekati turunan eksaknya. Python unggul dalam kecepatan eksekusi dan ketelitian hasil, sedangkan Maple lebih unggul dalam kemudahan penulisan fungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arvi1, S., Triadi, I. S., Putri, Z., Lubis, R. A., & Fitriyani, F. (2024). Penggunaan Python dalam Pengerjaan Induksi Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(5), 17–25.

Enterprise, J. (2017). Otodidak Pemrograman Python. PT Elex Media Komputindo.

Imron, C., Mardlijah, & Asfihani, T. (2022). Metode Numerik. In Informatika. dMath.

Judijanto, L., Manu, C. M. A., Sitopu, J. W., Mangelep, N. O., & Hardiansyah, A. (2024). The Role of Mathematics in Science and Technology Development. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 2(2), 451–458.

Junaidi. (2016). Penggunaan Software Maple dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Integral. Visipena Journal, 7(2).

Maple. (n.d.). Digits.

Maulida Surbakti, N., Angelyca, Talia, A., Br Perangin-Angin, C., Olivia Nainggolan, D., Devi Friskauly, N., & Ruth Br Tumorang, S. (2024). Penggunaan Bahasa Pemrograman Python dalam Pembelajaran Kalkulus Fungsi Dua Variabel. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(3), 98–107.

Maure, O. P., & Mungkasi, S. (2021). Verifikasi Tingkat Keakuratan Beberapa Metode Integrasi Numerik Fungsi Atas Satu Peubah Bebas. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(1), 58. https://doi.org/10.24269/silogisme.v6i1.3540

Nazar, R. (2024). Implementasi Pemrograman Python Menggunakan Google Colab. Jurnal Informatika Dan Komputer (JIK) , 15(1), 50–56.

Neldiana, R., & Harisman, Y. (2025). Peranan Integral dan Diferensial Terhadap Kalkulus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 9(1), 273–284.

Nur Aini, A., Wulandari, D., Sutrisno, & Buchori, A. (2017). Aplikasi Teknologi Pembelajaran dengan Maple. Universitas PGRI Semarang.

Pongsapan, F. P., & Pawarangan, I. (2021). Penggunaan Bahasa Pemrograman Maple untuk Menyelesaikan Masalah Mekanika Gerak dalam Fisika. Journal Dynamic Saint, 6(1), 31–35. https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v6i1.1273

Python. (n.d.). Aritmatika Pecahan Floating Point: Masalah dan Keterbatasan.

Rahmadi, D., Naufal, M. H., Rohman, A. N., & Setyaji, F. D. (2024). Kompresi Gambar Menggunakan Singular Value Decomposition (SVD) dengan Python. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 16(1), 57–72.

Rahmatudin, J., & Sumliyah. (2024). Pemrograman Python. PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Ramdhani, V. (2021). Penggunaan Software Maple pada Pembelajaran Persamaan Diferensial Biasa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.2985

Rejeki, T. B., Lesmana, A. C., & Wibowo, A. (2025). Perbandingan Penggunaan Matlab dan Maple dalam Menentukan Akar Persamaan Non-Linier Menggunakan Metode Bagi Dua. 7, 624–638.

Rifa’i, M. (2020). Kalkulus Diferensial. Penerbit Deepublish.

Rinaldi Munir. (2015). Metode Numerik: Vol. II (Issue 1).

Robby, M., Anwar, B. P., Nurmala, M., Listanto, M., & Rosyani, P. (2023). Analisis Penerapan Python Dalam Perhitungan Turunan Fungsi. 1(1), 1–6.

Samaray, S. (2023). Perbandingan Metode Diferensiasi Numerik Berbasis Matlab Mobile. Seminar Nasional Corisindo, 44–49.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sroyer, A., Yanti, W., Manurung, M. M. H., Abraham, Sumarni, Malmia, W., Fajriana, Tahir, U., Nugroho, D. H., Maja, I., & Tandiangnga, T. (2024). Kalkulus 1. Literasi Langsung Terbit.

Talia, A., Tumanggor, A. A., & Hasibuan, F. (2024). Implementasi Metode Numerik dan Simbolik dengan Python untuk Penentuan Nilai Limit Fungsi. 4.

Tukan, H., Maure, O. P., & Ina, K. T. D. (2024). Analisis Keakuratan Metode Numerik Dalam Menyelesaikan Turunan Persamaan Nonlinier. Leibniz: Jurnal Matematika, 4(2), 10–22. https://doi.org/10.59632/leibniz.v4i02.446

Tung, K. Y. (2005). Komputasi Simbolik Fisika Mekanika Berbaiss Maple. ANDI.

Wibowo, W., Ulama, B. S. S., & Azies, H. Al. (2020). Belajar Pemrograman Bahasa Python. ITS PRESS.

Zakaria, L., & Muharramah, U. (2023). Pengantar Metode Numerik (Solusi Masalah Dengan Matematika). CV Anugrah Utama Raharja.

Published

2025-07-03

How to Cite

Studi Komparatif Turunan Numerik dengan Metode Selisih Menggunakan Python dan Maple: Akurasi dan Kemudahan Implementasi. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(02), 76-92. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.534