Efektivitas Model Knisley Learning dan Model Problem Based Learning Berbasis Geogebra Terhadap Kemampuan Decision Making

Authors

  • Astriana Evi Rahayu Universitas PGRI Semarang
  • Ali Shodiqin Universitas PGRI Semarang
  • Nurina Happy Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.520

Keywords:

Model Pembelajaran Knisley, Model Problem Based Learning, Pengambilan Keputusan

Abstract

Kemampuan Decision Making (pengambilan keputusan) merupakan salah satu bentuk berpikir tingkat tinggi yang sangat diperlukan dalam pendidikan matematika modern abad ke-21 dan dibutuhkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja serta kehidupan sehari-hari. Namun, kemampuan ini masih belum optimal pada sebagian besar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran (Problem-Based Learning/PBL berbasis GeoGebra dan model Knisley berbasis GeoGebra, yaitu model yang mendorong tahapan sistematis dalam memecahkan masalah matematis) dan keberanian belajar terhadap kemampuan decision making siswa, serta menguji interaksi antara keduanya. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Banjarnegara dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain true eksperimental berjenis posttest-only control group design. Subjek dibagi ke dalam tiga kelompok pembelajaran: PBL, Knisley, dan kontrol, dengan penerapan instrumen berupa tes decision making dan angket keberanian belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan decision making antar kelompok. Rata-rata skor tertinggi diperoleh kelompok PBL berbasis GeoGebra (86,43), disusul kelompok Knisley (76,43), dan kelompok kontrol (63,25). Keberanian belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan decision making, yaitu sebesar 31,9% pada model PBL dan 23,8% pada model Knisley. Namun, hasil uji interaksi menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa pengaruh keberanian tidak dipengaruhi oleh jenis model pembelajaran (p > 0,05), sehingga kontribusi keberanian merupakan konsistensi pada kedua model inovatif. Temuan ini menegaskan bahwa PBL berbasis GeoGebra merupakan pendekatan yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan decision making siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi pembelajaran inovatif berbasis teknologi dengan penguatan aspek afektif siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilianto, M., Rosyana, T., Linda, & Wijaya, T. T. (2022). Project-Activity-Cooperative Learning-Exercise Model in Improving Students’ Creative Thinking Ability in Mathematics. Infinity Journal, 11(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p285-296

Anam, C. (2021). Analisis Kesiapan Pendidikan Vokasi Dalam Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Di LP3I Malang). Jurnal Vokasi, 5(2), 112. https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i2.2313

Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2), 45–67. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.421

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Konseling Kognitif-Behavioral : Suatu Pendekatan Berbantuan E- Counseling IKIP Siliwangi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Performa Akademik. Quanta, 5(3), 87–94. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Firmansyah, D., & Susetyo, D. P. (2022). Financial Behavior in the Digital Economy Era: Financial Literacy and Digital Literacy. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(4), 367–390. https://doi.org/10.55927/ministal.v1i4.2368

Hidayat, R., Noor, W. N. W. M., Nasir, N., & Ayub, A. F. M. (2024). The Role Of GeoGebra Software In Conceptual. Infinity:Journal of Mathematics Education, 13(2), 317–332. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p317-332

Ichtiari, A. R., Fisher, D., Rahman, T., & Yatim, S. A. M. (2024). Enhancement of students’ mathematical connection through Knisley mathematics learning model assisted by GeoGebra. Jurnal Elemen, 10(1), 28–42. https://doi.org/10.29408/jel.v10i1.19786

Juhaeroh, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Media Software Pesona Edu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 107–116. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4982

Kholid, M. N., Pradana, L. N., Maharani, S., & Wastika, A. (2022). GeoGebra dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Geo-PJBL): Alat dinamis untuk kursus geometri analitis. Journal of Technology and Science Education, 12(1), 112–120. https://doi.org/10.3926/jotse.1267

Liana, I. R., Happy, N., & Pramasdyahsari, A. S. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Pada Capaian Asesmen. 10(1), 56–65. https://doi.org/10.26877/71bf5f89

Marbun, S. (2023). Membangun dunia yang berani: menegakkan keberagaman dan kemajemukan di indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(1), 20–34. http://dx.doi.org/10.30742/juispol.v3i1.2897

Misidawati, D. N., & Sundari, P. (2021). Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 922–928. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1290

Murtafiah, W., Diah, N., Lestari, S., & Yahya, F. H. (2023). How Do Students ’ Decision-Making Ability In Solving Open-Ended Problems ? Infinity: Journal of Mathematics Education, 12(1), 133–150. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p133-150

Nurfauziah, P., Fauzy, A., & Fitriani, N. (2021). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model Matematika Knisley Berbantuan Geometryx. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4827

Pasolong, H. (2023). Teori Pengmbilan Keputusan. In Penerbit Alfabeta, Bandung (x. Alfabeta. https://doi.org/https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/292/3/Untitled.pdf

Rahman, T. (2020). Kajian Teori Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(Volume 5), 197–213. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.3538

Rehman, N., Zhang, W., Mahmood, A., Fareed, M. Z., & Batool, S. (2023). Fostering twenty-first century skills among primary school students through math project-based learning. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1). https://doi.org/10.1057/s41599-023-01914-5

Rosdiana, S. R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Inquiry-Discovery. Science Education and Application Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.286

Shodiqin, A., Sukestiyarno, S., Wardono, W., & Isnarto, I. (2022). Mathematics Student Decision makingBased on Self- Efficacy in Probabilistic Thinking. 57–65. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/iset

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software GeoGebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351

Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. (2022). Integrasi GeoGebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.36

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Yerizon, Fatimah, S., & Tasman, F. (2021). Development of a GeoGebra-assisted calculus worksheet to enhance students’ understanding. International Journal of Information and Education Technology, 11(10), 456–463. https://doi.org/10.18178/ijiet.2021.11.10.1550

Yu, H. (2024). Enhancing creative cognition through project-based learning: An in-depth scholarly exploration. Heliyon, 10(6), e27706. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e27706

Yulianti, Y. (2024). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.28918/ijiee.v4i1.2312

Zapata, R. E., Ortiz, E. G., & Mogrovejo, J. (2022). Toma de decisiones en las organizaciones : proceso y herramientas Decision-making in organizations : process and strategies. Data and Metadata, 1(19), 1–5. https://doi.org/10.56294/dm202219

Zebua, Y. (2020). Pengaruh budaya kerja dan promosi jabatan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara III Labuhan Haji Labuhanbatu Utara. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 109–124. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1758

Published

2025-07-03

How to Cite

Efektivitas Model Knisley Learning dan Model Problem Based Learning Berbasis Geogebra Terhadap Kemampuan Decision Making. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(02), 112-128. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.520