Pengaruh Infokus Terhadap Hasil dan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Wamena Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Mindo Sinambela Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Abdi Wacana Wamena
  • Liana Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Abdi Wacana Wamena
  • Sutarman Borean Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Abdi Wacana Wamena
  • Citra Ratnasari Napitupulu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Abdi Wacana Wamena
  • Marthinus Kayame Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Abdi Wacana Wamena

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.519

Keywords:

Infokus, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Matematika, Siswa SMP

Abstract

Infokus merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian siswa pada saat guru menjelaskan materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan keaktifan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan infokus terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar matematika siswa SMPN 1 Wamena. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif.  Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik Inferensial dengan uji paired sample t-test menggunakan SPSS versi 23. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 23 orang. Adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa setelah dan sesudah penggunaan test sebesar 19,96. Berdasarkan hasil uji paired sampel t-test menunjukkan  nilai 0,001 < 0,05 yang berarti ada perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan infokus dan sesudah menggunakan infokus. Pada hasil belajar dan keaktifan belajar nilai signifikansinnya 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media infokus terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari keaktifan belajar. Berdasarkan sebaran angket yang diberikan diperoleh data bahwa 75% siswa lebih aktif saat guru menggunakan infokus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldi Pamungkas, A., Saptuti Susiani, T., & Salimi, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 83–95.

Astuti, N. (2023). Hubungan Penggunaan Media LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Sungkai 1 Kabupaten Banjar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2087–2092.

Bolong, B., Lake, A. C. O. R., & Maure, O. P. (2025). E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Maker dalam Pendidikan Multikultural: Integrasi Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter Pancasila Mahasiswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 496–510.

Habibbullah, M., Wandi, J. I., Amris, F. K., Ariani, F., & Hatta, U. B. (2023). Efektivitas Penggunaan Proyektor Infocus Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1(2), 119–130.

Jenahut, K. S., & Lake, A. C. O. R. (2023). Articulate Storyline-Based Learning Media Loaded with Local Wisdom Values in Historical Narrative Text Material for Elementary School Students. 7(3), 566–578.

Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8 SMA Kelas X. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43. https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2455

Maure, O. P., Lalang, A. R., Fallo, S. I., Nay, F. A., Pote, F. I., & Mauleto, K. (2024). SOSIALISASI PENGENALAN KONSEP ETNOMATEMATIKA KEPADA SISWA DAN GURU SMA NEGERI 3 AMARASI TIMUR. 2, 164–172.

Mulya, V. M., Trisno, B., & Jowaldi, J. (2023). Irje: Jurnal Ilmu Pendidikan Pemanfaatan Media Infokus Pada Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Smpn 2 Ampek Angkek. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 779–784.

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Sarminto, J. ; P. U. B. B. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1–15.

Silaen, R. T. (2023). Pemanfaatan Penggunaan Infokus Dalam Pembelajaran Matematika Sma Di Sumatera Utara. Sepren, 4(02), 166–173. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.1029

Simanungkalit, M. (2020). Pemanfaatan Media Infokus Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Sigalangan. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 6(2), 100–124. https://doi.org/10.24952/di.v6i2.2797

Sofiasyari, I., Kurniawati, I., & Guntur, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.119820

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yuwanto, L. (2012). Pengantar Metode Penelitian Eksperimen. 295–336.

Published

2025-07-03

How to Cite

Pengaruh Infokus Terhadap Hasil dan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Wamena Tahun Pelajaran 2024/2025. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(02), 141-149. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.519