Pemodelan Matematis untuk Memprediksi Penjualan dengan Menggunakan Metode Regresi Linier

Authors

  • Mita Akbar Sukmarini Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.508

Keywords:

Prediksi, Penjualan, Regresi Linier

Abstract

Penelitian ini berfokus pada data penjualan produk pada UMKM Pojok Laundry, khususnya parfum laundry yang merupakan produk paling diminati konsumen dibandingkan dengan produk lain yang ditawarkan. Meskipun demikian, penjualan parfum laundry setiap bulan belum stabil karena adanya fluktuasi yang sulit diprediksi. Permasalahan tersebut mendorong dilakukannya penelitian dengan tujuan memprediksi penjualan parfum laundry agar pelaku usaha dapat menyiapkan stok sesuai dengan kebutuhan konsumen. Metode yang digunakan adalah regresi linier, dengan analisis data penjualan sebelumnya untuk meramalkan tren pada periode berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bulan April 2025 penjualan parfum laundry diprediksi mencapai 38 botol, meningkat dibandingkan bulan Maret 2025 yang hanya 18 botol. Namun demikian, angka prediksi ini lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada periode sebelumnya, yaitu 42 botol. Temuan ini memberikan gambaran bahwa penerapan pemodelan matematis dengan metode regresi linier dapat membantu UMKM dalam memperkirakan kebutuhan stok produk, meskipun hasil ramalan tetap perlu dipertimbangkan dengan faktor eksternal yang memengaruhi penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ababil, Oliver Januardi, Suryo Adi Wibowo, and Hani Zulfia Zahro’. 2022. “Penerapan Metode Regresi Linier Dalam Prediksi Penjualan Liquid Vape Di Toko Vapor Pandaan Berbasis Website.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 6(1): 186–95.

Aliyah, Atsna Himmatul. 2022. “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.” WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi 3(1): 64–72.

Ayuni, Ghebyla Najla, and Devi Fitrianah. 2020. “Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Properti Pada PT XYZ.” Jurnal Telematika 14(2): 79–86.

Fatimah, Fatia, Memet Casmat, Program Studi Matematika, and Universitas Terbuka. 2024. “Pemodelan Regresi Linear untuk Memprediksi Nilai Penjualan di PT Goodiebag Custom.” 5(September): 1–13.

Hurifiani, Alfia, Ade Irma Purnamasari, and Irfan Ali. 2024. “Penerapan Algoritma Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Alat Tulis Kantor (Atk) Di Bumdes.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 8(1): 266–73.

Husdi, Husdi, and Hastuti Dalai. 2023. “Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Jumlah Bahan Baku Produksi Selai Bilfagi.” Jurnal Informatika 10(2): 129–35.

Pratama, Matthew Avialdo et al. 2023. “Penerapan Algoritma Linear Regression Pada Prediksi Penjualan Produk Terlaris Di Pt.” 0(3).

Wardhani, S L, and A Algifari. 2021. Proyeksi untuk Bisnis dan Teknik Proyeksi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/82/1/Teknik Proyeksi untuk Bisnis dan Ekonomi.pdf.

Wilantara, Rio. F, and Ruly Indrawan. 2016. “Strategi Dan Kebijakan Pengembangan UMKM.” Serambinews.com: 1–217.

Wilda, Robiatul Witari, Mita Akbar Sukmarini, and Alicia Christina Mahar. 2024. “Prediksi Harga Saham PT. Unilever Indonesia TBK Dengan Metode Regresi Linier Sederhana.” Balance: Media Informasi Akuntansi dan Keuangan 16(2): 76–81.

Published

2025-07-31

How to Cite

Pemodelan Matematis untuk Memprediksi Penjualan dengan Menggunakan Metode Regresi Linier. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(02), 263-272. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.508