Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence MathGPT dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Yohanes Ovaritus Jagom Universitas Katolik Widya Mandira
  • Gratia I. P. Lopez Universitas Katolik Widya Mandira
  • Agapitus H. Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.506

Keywords:

Artificial Intelligence, MathGPT, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa, khususnya pada materi pertidaksamaan linier dua variabel, serta keterbatasan sumber belajar yang menarik dan interaktif di lingkungan sekolah. Selain itu, masih minimnya pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran menjadi tantangan tersendiri dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan artificial intelligence sebagai sumber belajar serta mengetahui pengaruh dari penggunaan AI sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pertidaksamaan linier dua variabel. Metode penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan disain the one group,pretest-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa-siswi kelas XI Alam SMAN 1 Weluli. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan AI tergolong sangat baik dengan rata-rata capaian indikator sebesar 88,23%, kemudian prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan AI berdasarkan rata-rata capaian indikator tiap butir soal sebesar 79,59% dengan kriteria baik, Selanjutnya hasil uji  hipotesis yang dibuktikan dengan nilai Asymp sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan  = 18,890 > 2,101 =  serta kriteria penerimaan dan penolakan dengan taraf signifikan 5% dan   >  maka  ditolak dan  diterima yang artinya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan AI sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, S., & Mujiyati. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia:. Konselor, 150-157.

Alvarez, I. J. (2024). EVALUATING THE IMPACT OF AI–POWERED TUTORS MATHGPT AND FLEXI 2.0 IN ENHANCING CALCULUS LEARNING. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 495-508.

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 35-46.

Guler, N. K., Dertli, Z. G., Boran, E., & Yildiz. (2024). An artificial intelligence application in mathematics education:Evaluating ChatGPT’s academic achievement in a mathematics exam. Pedagogical Research, 1-12.

Hanan, & Sugiman. (2025). Dampak Artificial Intelligence terhadap Belief Peserta Didik dalam. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 339-361.

Karyadi, B. (2023). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN MANDIRI. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 253-258.

Marito, W., & Riani, N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa UPMI pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 223-233.

Maulana, N., Saputra, R. R., Misbah, I. Z., & Zulfahmi, M. N. (2025). Penerapan Artificial Intelligence dalam Menunjang Pemahaman Matematika Siswa SD. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 01-09.

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2584-2593.

Noviadhi, I. Y., Valentin, F., Denyana, N. T., Romadhoni, A. S., Hidayat, M. D., Ihsan, M. K., . . . Pandhowo, D. (2024). Penerapan Teknologi Artificial Intelligence ChatBots dalam Proses Belajar dalam Proses Belajar Mengajar untuk Mata Kuliah Sistem Operasi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Semarang di Era Industri 4.0 dan Society 5.0 . Jurnal MEDIASI, 93-105.

Nusa, I. J., Kristiani, & Wahyono, B. (2018). Pengaruh Kecanduan Game Online dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018). BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1-17.

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1-6.

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 37-42.

Salsabilla, K. A., Hadi, T. D., Pratiwi, W., & Mukarromah, S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN TERHADAP MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), 168-175.

Sijabat, A., Juanta, P., Festiyet, & Yerimadesi. (2023). Literatur Review: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 905-914.

Subiyantoro, H., Hartono, R., Fitriati, S. W., & Faridi, A. (2023). Dampak Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pengajaran Bahasa Inggris di Perguruan tinggi: Tantangan dan Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404, 346-349.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Uskono, I. V., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B., & Bria, K. (2020). PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. JHM: Journal Of Honai Math, 145-156.

Utari, H., Quthny, A. Y., & Arobi, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence terhadap Kecerdasan Intelektual Mahasiswa PAI Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Simki Pedagogia, 152-164.

Published

2025-07-03

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence MathGPT dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(02), 35-44. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.506