Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i02.502Keywords:
Modul Pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Pendidikan adalah upaya individu untuk membangun kepribadian yang selaras dengan nilai-nilai masyarakat. Terutama matematika harus diajarkan sejak sekolah dasar karena ini membangun kemampuan berpikir yang sangat penting untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Namun saat belajar siswa juga menghadapi banyak masalah. Di SMK Negeri 1 Bone Pantai, peneliti menemukan bahwa guru menggunakan buku pegangan dan siswa hanya dapat menyalin atau menulis apa yang tertulis dalam buku pelajaran, guru terus mendominasi proses pembelajaran melalui pendekatan ceramah. Akibatnya, siswa mungkin tidak terlibat secara signifikan dalam kegiatan di kelas. Selain itu, penjelasan dalam buku menggunakan banyak istilah dan bahasa yang sulit dipahami siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul Meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X di SMK NEGERI 1 BONE PANTAI melalui pendekatan berbasis masalah pada materi tertentu. sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) Penelitian ini merupakan jenis penelitian (R&D), jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) dipilih sebagai metode penelitian ini karena memandu peneliti dalam menghasilkan sebuah produk . menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai panduan sistematis dalam pengembangan produk. Modul ini tidak hanya memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan, tetapi juga mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul efektif digunakan untuk penigkatan pemahaman siswa dengan hasil validasi ahli materi pembelejaran validasi 81,41%,validasi ahli desain rat-rata menerima 75,00%, dan hasil keterampilan proses siswa rat-rata menerima 80%.
Downloads
References
Aldo, N., Revita, R., & Nurdin, E. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Statistika SMP Kelas VIII. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 115–129. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.115-129
Amalia, R., Tayeb, T., & Abrar, A. I. P. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Problem Based Model Development To Improve Mathematical Problem Solving Ability for Seventh Grade Smp Student. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(2), 136–147.
Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.581
Ayuningsih, F., Sutama, S., & Suyatmini, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Matematika Materi Kuantor Berbasis Steam Project Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3285. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6021
Bolong, B., Lake, A. C. O. R., & Maure, O. P. (2025). E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Maker dalam Pendidikan Multikultural: Integrasi Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter Pancasila Mahasiswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 496–510.
Fitri, N., Hidayat, A., & Putra, K. E. (n.d.). RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII lPengembangan Lembar Kerjal Siswa ( lLKS ) Berbasisl Pendekatan lRME Untuk lMemfasilitasi lKemampuan Pemahaman Konsep lMatematis Pada lMateri Lingkaran Kelas VII. 12(2), 189–195.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Hubulo, N. A., Hulukati, E., Uno, H. B., & Damayanti, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16369
Irmawati, I., & Hadi, S. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Spldv Di Smp Negeri 1 Bantur. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 190–199. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1795
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa [E-Module Development With Problem-Based Learning Model To Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability]. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107.
Jenahut, K. S., & Lake, A. C. O. R. (2023). Articulate Storyline-Based Learning Media Loaded with Local Wisdom Values in Historical Narrative Text Material for Elementary School Students. 7(3), 566–578.
Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2022). Design of Interactive Learning Media With The Think Talk Write Strategy on The Material of Writing Expository Texts For Grade 10 Vocational High School Students. 04(04), 1950–1960.
Khairunnisa, Jamilah, & Risalah, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 1053–1064.
Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023a). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8.5 dengan Pendekatan Etnomatematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43.
Koban, G. H. S., Sari, B. P., & Maure, O. P. (2023b). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8 SMA Kelas X. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 28–43. https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2455
Machmud, T., Sartika, S., & Achmad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP. Vygotsky, 4(2), 67. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.497
Man, D. I., & Utara, A. (2024). * Corresponding author. 4(2), 64–73.
Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 5(1), 37–45. https://doi.org/10.15548/mej.v5i1.2504
Noa, P. E., & Wewe, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pendididkan Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X Sma Negeri 2 Boawae. 392–402.
Putri, Y. R. A., Isnaniah, I., Rusdi, R., & ... (2024). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII Di MTSN 6 Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2023 …. Innovative: Journal Of …, 4, 2100–2110.
Ramadhani, M. H., Kartono, K., & Haryani, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Kelas V Berbasis Discovery Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2726. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7574
Rezki, S., Sakur, S., & Suanto, E. (2022). Validitas Perangkat Pengajaran dengan Model Pengajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X SMA/MA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 137. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14678
Syahril, R. F., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1987. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6923
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurayati A. Hunalo, Syamsu Q. Badu, Novianta Achmad, Sumarno Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













