Etnomatematika pada Tarian Te'o Renda
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i01.480Keywords:
etnomatematika, Tarian Te'o RendaAbstract
Etnomatematika merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa budaya masyarakat dan matematika memiliki kaitan yang sangat erat dan merupakan sebuah rumpun ilmu pengetahuan. Setiap budaya yang diwariskan oleh nenek moyang pada daerah tertentu memiliki kaitan dengan matematika. Demikianpun halnya dengan tarian Te’o Renda yang merupakan tarian khas daerah Rote yang ditampilkan untuk mewujudkan rasa suka cita pada kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Rote terhadap tarian Te’o Renda dan menemukan aspek matematika yang terdapat dalam tarian Te’o Renda. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil pernelitian ini menunjukan makna tarian Te’o Renda bagi masyarakat Rote yaitu wujud suka cita masyarakat seperti suka cita panen, menang perang, peminangan, pernikahan dan penyambutan tamu. Karakteristik etnomatematika yang ada pada Tarian Te’o Renda yaitu menentukan lokasi, mengukur atau mengurutkan, merancang dan bermain. Konsep matematika yang terdapat pada tarian Te’o Renda yaitu konsep himpunan, relasi, garis sejajar dan diagonal.
Downloads
References
Bishop, A. J. (1991). The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in Education. Bullatin De La Societe Mathematique. De Belgique, T, XLIII
Bishop, A. J. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning Mathematics Vol. 14 No. 2
Bishop, A. J. (1997). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education (Third Prin). Kluwer Academic Publishers
Creswell, John W. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Heron, J., & Barta, J. (2009). Culturally Relevant Word Problems in Second Grade: What are the effects? The Journal of Mathematics and Culture, 4(1), 23–49
https://www.kompasiana.com/asepmathema/55182ca4a333117407b663dc/paradigma-keliru-terhadap-matematika
Moloeng, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Suwarsono, St. 2016 Pengantar Penelitian Kualitatif. Program Studi Pendidikan Matematika, JPMIPA-FKIP, Universitas Sanata Dharma
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kamelia Mauleto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.













