Etnomatematika pada Tarian Te'o Renda

Authors

  • Kamelia Mauleto Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i01.480

Keywords:

etnomatematika, Tarian Te'o Renda

Abstract

Etnomatematika merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa budaya masyarakat dan matematika memiliki kaitan yang sangat erat dan merupakan sebuah rumpun ilmu pengetahuan. Setiap budaya yang diwariskan oleh nenek moyang pada daerah tertentu memiliki kaitan dengan matematika. Demikianpun halnya dengan tarian Te’o Renda yang merupakan tarian khas daerah Rote yang ditampilkan untuk mewujudkan rasa suka cita pada kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Rote terhadap tarian Te’o Renda dan menemukan aspek matematika yang terdapat dalam tarian Te’o Renda.  Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil pernelitian ini menunjukan makna tarian Te’o Renda bagi masyarakat Rote yaitu wujud suka cita masyarakat seperti suka cita panen, menang perang, peminangan, pernikahan dan penyambutan tamu. Karakteristik etnomatematika yang ada pada Tarian Te’o Renda yaitu menentukan lokasi, mengukur atau mengurutkan, merancang dan bermain. Konsep matematika yang terdapat pada tarian Te’o Renda yaitu konsep himpunan, relasi, garis sejajar dan diagonal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bishop, A. J. (1991). The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in Education. Bullatin De La Societe Mathematique. De Belgique, T, XLIII

Bishop, A. J. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning Mathematics Vol. 14 No. 2

Bishop, A. J. (1997). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education (Third Prin). Kluwer Academic Publishers

Creswell, John W. 2013. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Heron, J., & Barta, J. (2009). Culturally Relevant Word Problems in Second Grade: What are the effects? The Journal of Mathematics and Culture, 4(1), 23–49

https://www.kompasiana.com/asepmathema/55182ca4a333117407b663dc/paradigma-keliru-terhadap-matematika

Moloeng, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Suwarsono, St. 2016 Pengantar Penelitian Kualitatif. Program Studi Pendidikan Matematika, JPMIPA-FKIP, Universitas Sanata Dharma

Published

2025-01-28

How to Cite

Etnomatematika pada Tarian Te’o Renda. (2025). Leibniz: Jurnal Matematika, 5(01), 16-24. https://doi.org/10.59632/leibniz.v5i01.480