Pengembangan e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Perbandingan di SMP Raudlatut Tholabah
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v3i1.203Keywords:
e-Modul, Matematika, Nilai-Nilai KeislamanAbstract
Pengembangan e-Modul merupakan salah satu upaya pendidik dalam membantu siswa untuk memudahkan belajar matematika secara mandiri. Masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaimana prosedur pengembangan e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan dan (2) Bagaimanakah kualitas e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan ditinjau dari segi kevalidan dan kepraktisan. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengembangkan e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan serta mendeskripsikan kualitas e-Modul yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Desimminate. Jenis data yang digunakan ialah kualitatif, dan menggunakan angket respon siswa, angket validasi serta lembar wawancara sebagai instrumen penelitian. Uji validasi dari penelitian dan pengembangan e-Modul ini dilakukan oleh 3 ahli diantaranya 2 dosen pendidikan matematika dan 1 guru mata pelajaran matematika SMP Raudhlatut Tholabah. Sedangkan uji lapangan dilakukan pada tanggal 6 April 2022 yang dilaksanakan di SMP Raudhlatut Tholabah dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa.
Pada penelitian dan pengembangan ini telah dihasilkan produk bahan ajar berupa e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman. Dari kegiatan uji validasi dan uji lapangan didapatkan data berdasarkan angket validasi dan angket respon siswa yaitu kualitas e-Modul yang ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan. Kualitas yang dinilai dari kevalidan sebesar 3,92 yang menunjukkan bahwa e-Modul dinyatakan valid, serta ditinjau dari kepraktisan sebesar 4,50 yang menujukkan bahwa e-Modul sangat praktis.
Downloads
References
Afrilliyansyah, O. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika SMA Pada Pokok Bahasan Kaidah Penccahan yang Bermuatan Nilai-Nilai slam. Universitas Muhammadiyah Jember.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929
Anwar, S., & Salim, A. (2019). Pendidikan slam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan slam, 9(2), 233. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628
Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). ntegration of slamic Values n Mathematics Learning. 346–352.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di sekolah (Pertama). Media Akademi.
Hikmah, N., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai slam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438
Mubasyiroh, R., Suryaputri, . Y., & Tjandrarini, D. H. (2017). Determinan Gejala Mental Emosional Pelajar SMP-SMA di ndonesia Tahun 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2), 103–112. https://doi.org/10.22435/bpk.v45i2.5820.103-112
Nahadi, M., Sarimaya, F., & Rosdiana, S. R. (2011). Hubungan slam dengan lmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Sejarah. Atikan, 1(1), 27–40.
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.
Sormin, M. A., & Nurasahara, N. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 41. https://doi.org/10.31604/eksakta.v4i1.41-48













