Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar

Authors

  • Hasnarika Program Studi S1 Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan, Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i2.175

Keywords:

kesalahan mahasiswa, aljabar, konsep matematis

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah karena melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Dengan mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam belajar diharapkan dapat memberikan solusi yang tepat agar nantinya mahasiswa tidak melakukan kesalahan yang sama. Salah satu penyebab terjadinya kesalahan dalam mengerjakan soal adalah kemampuan memahami konsep matematis yang masih rendah. Berdasarkan pengalaman, peneliti masih menemukan mahasiswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal aljabar sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini berupa deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 48 mahasiswa Akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar berupa tes uraian yang terdiri dari 6 soal materi aljabar. Teknik analisis data yang digunakan adalah jawaban mahasiswa yang dianalisis kemudian dihitung persentase masing-masing kesalahan dengan menggunakan rumus. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah aljabar meliputi kesalahan perhitungan sebesar 20,14%, kesalahan prosedur sebesar 12,85% dan kesalahan konseptual sebesar 10,42%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2012). Pendidikan Matematika Fakultas. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII(1), 183–196.

Amir, M. F. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa pgsd universitas muhammadiyah sidoarjo dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 2443–0455.

Andiwatir, A., Nay, F. A., & Talan, R. (2021). Model Pembelajaran SCL (Student Center Learning) pada Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) Sekolah Menengah Pertama. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 5(2), 117-122.

Arigiyanti, T. (2017). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pengantar Probabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1311–1374.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134–145.

Jenahut, K. S. & Maure, O. P. (2020) “Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur”, Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), pp. 138-151. doi: 10.24252/ip.v9i1.16350.

Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 19–40.

Kingsdorf, S., & Krawec, J. (2014). Error Analysis of Mathematical Word Problem Solving Across Students with and Without Learning Disabilities. Learning Disabilities Research & Practice, 29(2), 66–74.

Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan masalah Ditinjau dari Indikator NCTM dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siwa di Kelas 7B SMP Kanisius Kalasan. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 4 Nomor 2, 125.

Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 5(1), 37-45.

Nasir, R., & Rahmi, R. F. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. Lemma, III(2).

Novianti, D. E. (2015). Analisis kesalahan dalam mengerjakan soal materi logika matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika IKIP PGRI Bojonegoro. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 24–30.

Rahimah, D. (2012). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pokok Bahasan Integral pada Matakuliah Kalkulus Integral. EXACTA, 10(1), 89–97.

Rosmaiyadi, R. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.

Sari, R. N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Teknik Elektro dalam Menyelesaikan Soal Matematika I. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 28–34.

Tadda, M. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar berdasarkan gender. Prosiding, 2(1).

Utami, A. D. (2016). Tipe kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri berdasar newman’s error analysis (NEA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 85–92.

Published

2022-07-25

How to Cite

Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. (2022). Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 35-44. https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i2.175