Systematic Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika pada Ornamen
DOI:
https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i1.143Keywords:
Etnomatematika, Ornamen, Systematic Literature ReviewAbstract
Etnomatematika hadir sebagai sarana untuk menjembatani antara budaya dan matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan kajian literatur mengenai etnomatematika pada ornamen. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mereview artikel-artikel mengenai etnomatematika pada ornamen yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2017-2021. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 13 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Scholar menggunakan aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada berbagai ornamen budaya Indonesia. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan, ornamen dapat menunjang dalam pembelajaran matematika
Downloads
References
Auliya, N. N. F. (2021). Etnomatematıka Menara Kudus Sebagaı Sumber Belajar Bangun Datar Pada Jenjang Pendıdıkan Dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 107–115. https://doi.org/10.30653/003.202171.169
Bakhrodin, B., Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921
Biladina, S. G., Yulian, M. A., Dewi, H. L., Pendidikan, J., Islam, A., Agama, I., & Negeri, I. (n.d.). Implementasinya Dalam Pembelajaran Matematika, 229–236.
Dahlan, J. A., & . N. (2018). Integrasi Budaya Masyarakat Dalam Pembelajaran Matematika: Contoh Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 18(1), 15–31. https://doi.org/10.33592/pelita.v18i1.25
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150.
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.202
Ghofirin, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.
Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.16350
Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 5(1), 37-45.
Maure, O. P., & Ningsi, G. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Mangarai Nusa Tenggara Timur. In Posiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 340–347). Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/index
Muklisin, A., Hasanah, B., Mataram No, J., Miuwo, K., Kaliwates, K., Jember, kabupaten, & Timur, J. (2020). Matematika Keislaman: Identifikasi Penggunaan Konsep Matematika pada Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 43–47.
Nurjannah, N., Nurhaliza, N., Irmawati, E., & Ismunandar, A. A. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatika Di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng Kabupaten sinjai. Mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 62–74.
Pendidikan, J., Indonesia, M., Sihombing, S., & Tambunan, H. (2021). Etnomatematika : Eksplorasi Konsep Geometri Pada Ornamen Rumah Bolon Batak Toba, 6(September), 100–104.
Pratama, ferina nadya. (2020). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Staphylococcus aureus Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Skripsi.
Purniati, T., Turmudi, T., Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics Exploration of The Masjid Raya Bandung Ornaments in Transformation Geometry Materials. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1639
Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89.
Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37
Rosa, M., & Clark, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de La Educación Matemática, 4(2), 32–54.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61













