Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika SMP Santo Paulus Saumlaki

Authors

  • Mesak Ratuanik Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Bolandina Sainlia Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Yoseph Batkunde Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Jakobus Nifanngelyau Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i1.139

Keywords:

Problem Based Learning, Lembar Kerja Siswa, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning dengan berbantuan lembaran kerja siswa dapat meningkatan pemahaman konsep peserta didik di kelas, Hasil siswa meningkat. metode penelitian Kualitatif, dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data post tes. Penelitian ini dilakukan pada SMP Santo Paulus Saumlaki di Kelas VIIc dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan 3 kali pertemuan diantarannya 2 kali pertemuan proses pembelajaran dan 1 hari untuk tes akhir. Dan melalui post tes, maka yang meneliti mampu memperhatikan peningkatan murid muridnya semasa perkembangan belajar. Sesudah menerapkan model pembelajaran maka hasil penelitian menunjukan bahwa 6 orang siswa berada pada kategori sangat baik, 2 orang siswa berada pada kategori baik, dan 2 orang berada pada kategori cukup. Kesimpulan : pembelajaran problem basrd learning (PBL) dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika yang pada umumnya rendah hingga meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathani, A.H.(2016). Pengembangan Lliterasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edusains Vol 4(2). ISSN 2338-4387.Diunduh 20 Februari 2018.

Instanti, R.(2015), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gading. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Janah, (2015). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak lainnya. Jogjakarta: Diva Press.

Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 138-151.

Nay, F. A., and M. A. Rudhito. 2020. “Implementation of Virtual Manipulative Using Problem-Based Learning on Topic Algebra for Seventh Grade Student.” Journal of Physics: Conference Series 1470(1):0–12. doi: 10.1088/1742-6596/1470/1/012053.

Ratuanik, M., Wermpinan, W., Bacory, Z., & Batkunde, Y. (2021). Pemahaman Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Saumlaki Tentang Lingkaran Setelah Penerapan PMRI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1322-1331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.493

Saryono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Wahyudi, (2015). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa

Published

2022-03-28

How to Cite

Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika SMP Santo Paulus Saumlaki. (2022). Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 34-47. https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i1.139