Kemampuan Komunikasi Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri I Fordata Kabupaten Kepulauan Tanimbar

Authors

  • Margarita Key Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Mesak Ratuanik Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Yoseph Batkunde Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Jakobus Nifanngelyau Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i1.138

Keywords:

kemampuan, komunikasi matematis, bangun ruang

Abstract

Komunikasi matematika merupakan dasar proses pemahaman dimana siswa akan menyerap informasi yang disampaikan sehingga nantinya para siswa dapat berpikir dan menuangkan pemikiran serta ide-ide matematika tersebut secara lisan maupun tulisan. Oleh sebab itu, seorang tenaga pengajar melalui komunikasi matematis yang lebih cenderung mengutamakan pemahaman konsep secara terstruktur sehingga materi yang disampaikan akan tetap berkesan dan diingat untuk lebih meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Proses belajar tidak hanya terpusat pada guru, tetapi juga dapat menjadikan siswa antusias, aktif dan mampu untuk berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika pada materi banun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Fordata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Fordata yang berisinsial AB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Fordata memiliki kemampuan komunikasi matematika pada materi bagun ruang sisi datar dinyatakan masih rendah karena belum mampu menyelesaikan masalah dengan konsep matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal AdMathEdu, Vol.7, No.1. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Husna. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Peluang. Vol 1. No 2. ISSN: 2302-5158.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ratuanik, M., Wermpinan, W., Bacory, Z., & Batkunde, Y. (2021). Pemahaman Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Saumlaki Tentang Lingkaran Setelah Penerapan PMRI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1322-1331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.493

Miles, Huberman & Saldana. (2015), Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3, United States Of America: Sage Publication.

Nay, F. A., and M. A. Rudhito. 2020. “Implementation of Virtual Manipulative Using Problem-Based Learning on Topic Algebra for Seventh Grade Student.” Journal of Physics: Conference Series 1470(1):0–12. doi: 10.1088/1742-6596/1470/1/012053.

Norma Nur Hikmawati, dkk. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. Jurnal Prisma Universitas Suryakanca. Volume 7 Nomor 2,164-176.

Oktaviani, D., & Mukhni. (2019). Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(1), 45–50.

Respati, Ressa, dkk (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Skala dan Perbandingan. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1) : 171-180.

Rizki Wulandari. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran Kelas VII-AMTs Assyaf’iyah Gondong Tulung Agung. IAIN Tulangangung.

Rosyid, & Umbara. (2018). Reward & Punishment dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Zuliana, E. (2010). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VIII B MTsN Kudus Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Kartu masalah kubus dan balok. Jurnal Refleksi Edukatika.

Published

2022-01-28

How to Cite

Kemampuan Komunikasi Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri I Fordata Kabupaten Kepulauan Tanimbar . (2022). Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 59-74. https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i1.138