Pengaruh Lama Variasi Waktu Perendaman Klorofil Ekstrak Pewarna Alami Terhadap Efisiensi Dye Sensitizer Solar Cell (DSSC)

Authors

  • Fernince Pote Universitas San Pedro
  • Hilary F Lipikuni Universitas San Pedro
  • Angelikus Olla Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.59632/magnetic.v2i2.195

Keywords:

Metode spin coating, pasta TiO_2, dye klorofil, dye Amaranthus, Dye Sensitized Solar Cell (DSSC)

Abstract

Energi yang berasal dari fosil semakin berkurang dan tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu banyak para ahli mencari alternatif lain untuk menciptakan energi baru yang bersifat renewable, dan Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC) merupakan salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui karakterisasi sifat kelistrikan material dye alami yang di ekstrak dari daun Bayam (dye Amaranthus) yang telah dipreparasi dalam larutan ethanol sebagai sensitizer pada DSSC. Metode spin coating digunakan agar deposisi pada  mendapatkan lapisan tipis yang homogen pada area aktif kaca FTO. Variasi waktu perendaman kaca FTO pada dye diuji karakterisasi menggunakan I-V Meter Elkahfi, UV-Vis  dan I-V Keithley tipe A. Hasil absorbansi dye berada pada panjang gelombang  dan juga terdapat pergeseran panjang gelombang dari dye. Efisiensi terbesar dari variasi waktu perendaman 12 jam pada klorofil dye Amaranthus yaitu . Efisiensi yang tinggi pada elektroda   dari variasi waktu menunjukkan kinerja kerja yang baik pada Dye Sensitized Solar Cell.

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Pengaruh Lama Variasi Waktu Perendaman Klorofil Ekstrak Pewarna Alami Terhadap Efisiensi Dye Sensitizer Solar Cell (DSSC). (2022). Magnetic: Research Journal of Physics and It’s Application, 2(2), 156-161. https://doi.org/10.59632/magnetic.v2i2.195