Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Damianus Siki Universitas Katolik Widya Mandira
  • Kristoforus D. Djong Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohanes Jagom Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i1.55

Keywords:

pemahaman, konsep, masalah matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep matematika siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah yang ditentukan berdasarkan hasil nilai ujian tengah semester. Indikator yang digunakan dalam mengetahui pemahaman konsep yaitu penerjemah, penaksiran dan eksplorasi. Pengumpulan data berupa hasil tugas pemecahan masalah dan hasil wawancara berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis memberikan kesimpulan bahwa (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan tugas pemecahan masalah dan memenuhi ketiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator penerjemahan penafsiran ekstrapolasi (2) siswa dengan kemampuan matematika sedang memenuhi ketiga indikator pemahaman konsep yaitu indikator penerjemahan penafsiran dan ekstrapolasi (3) siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya memenuhi dua indikator yaitu penerjemahan penafsiran.

References

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model WEB CENTERIC COURSE terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1-12.

Fahrudhin, G. A., Zuliana, E., & Bintoro, S. H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbentuk Alat Peraga BONGPAS. ANARGYA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Alajabar. JPT: Jurnal Pendidikan Tambusai , 2(2), 777-785.

Komariyah, S., Afifah, D., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Sosialhumonaria: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humonariah, 4(1), 1-8.

Maure, L. Y., Djong, D. K., & Dosinaeng, N. B. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA pada Materi Program Linear. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 47-56.

Mushin, Johar, R., & Nurlaelah, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Peluang: Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 13-24.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57-71.

Verdianingsih, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Struktur Aljabar I untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pembuktian Matematis Mahasiswa. JoSEM: Journal of Education and Management Studies, 1(2), 1-10.

Published

2023-06-07

How to Cite

Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. (2023). Leibniz: Jurnal Matematika, 1(1), 36-43. https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i1.55