Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII

Artikel Leibniz

  • Mesak Ratuanik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Yosina Watunglawar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki
  • Florianus Aloysius Nay Universitas San Pedro
Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui; (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII (2) Seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi kesulitan belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase, dan teknik analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII ditinjau dari faktor internal adalah sebagai berikut: Aspek minat berada pada kriteria sangat rendah dengan frekuensi nilai 0 – 21, yakni sebanyak 12. Aspek yang kedua yaitu motivasi berada pada kriteria sangat rendah dengan frekuensi nilai 0 – 21, yakni sebanyak 20.2%. Aspek ketiga yaitu kebiasaan belajar berada pada kriteria rendah dengan frekuensi nilai 22-35, yakni sebanyak 32 %. Aspek keempat yaitu intelegensi berada pada kriteria sangat rendah dengan frekuensi nilai 0-21, yakni sebanyak 25.2 %. (2) Faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa kelas VIII ditinjau dari faktor eksternal adalah sebagai berikut: sebanyak 25.2% dari sampel menyatakan bahwa aspek lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang rendah terhadap penyebab kesulitan belajar siswa.

References

Djamarah, Syaifu lBahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta :Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Supranto, J. 2010. Analisis Multivariat Arti & Interpretasi. Jakarta :Rineka Cipta.

Sucihati Ningsih DWP & Sulistyowati, Heny. 2006. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi kesulitan belajar mata Pelajaran IPS Ekonomi”. 1No 2.162-181. Universitas Negeri Semarang.
Jurnal Economic Education Analysis Journal :Univesitas Negeri Semarang. Jurnal International Education Journal, 2005, 6 (5), 567-580.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Diperbanyak oleh Bening.

http://iej.cbj.net. Analisis Faktor-faktor-yang-Mempengaruhi-Kesulitan-Belajar-Siswa (diakses pada tanggal 20 Januari 2018).

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.Language-difficulties-of international-students-in-Australia:-The-effects-of-prior-learning experience. (diakses pada tanggal 20 Januari 2018).
Published
2021-07-30
How to Cite
Ratuanik, M., Watunglawar, Y., & Nay, F. A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII : Artikel Leibniz. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 12-26. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/leibniz/article/view/52
Abstract viewed = 145 times
PDF (Indonesia) downloaded = 102 times