Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

DOI:

https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i2.174

Keywords:

Kemampuan koneksi matematis, kemandirian belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Salah satu kompetensi matematis yang penting untuk dikuasai oleh siswa adalah kemampuan koneksi matematis. Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan koneksi matematis adalah kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis yang dimiliki oleh siswa dan kemandirian belajar dengan fokus materi pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII SMP di Desa Cimareme. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa tes soal kemampuan koneksi matematis, angket kemandirian belajar siswa, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 19 atau 95%; dan 2) Siswa dengan kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan koneksi matematis pada kategori sedang dengan skor 11,5 atau 58%. Siswa dengan kategori kemandirian belajar tinggi sudah memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis. Siswa dengan kategori kemandirian belajar sedang hanya memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis, yaitu indikator koneksi antar topik matematika dan indikator koneksi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan guru mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap soal-soal SPLDV yang berkaitan dengan disiplin ilmu lain dan diharapkan guru dapat menggunakan pendekatan yang mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa.

References

Amelia, S., Awwalin, A. A., & Hidayat, W. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 169–176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.169-176

Andiarani, M., & Nuryana, D. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Kelas X pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 1785–1795.

Engelbrecht, J., Llinares, S., & Borba, M. C. (2020). Transformation of the mathematics classroom with the internet. Zdm, 52(5), 825-841.

Fatunnisa, S. H., & Fitri, H. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII. 4 SMP N 1 2 X 11 Kayutanam. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02), 39-51.

Hadin, H., Muhammad, P., & Usman, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa MTS ditinjau dari Self-Regulated Learning. Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 657–666.

Hayu, E., Linna, R., Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Perbandingan. AdMathEdu, 9(1), 11–20.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hidayati, I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 01 Kampar pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121-130.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

Jenahut, K. S. & Maure, O. P. (2020) “Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur”, Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), pp. 138-151. doi: 10.24252/ip.v9i1.16350.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1).

Lela, G., Nay, F. A., & Maure, O. P. (2022). Dinamika Model Penyebaran HIV AIDS Berdasarkan Jumlah Sel CD4. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 18-33.

Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 171-178.

Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan masalah Ditinjau dari Indikator NCTM dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siwa di Kelas 7B SMP Kanisius Kalasan. JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 4 Nomor 2, 125.

Mayasari, Y., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Studi Penelitian di SMP Negeri 5 Garut). Jurnal Riset Pendidikan, 2(01), 27-44.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta.

Milles & Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publication.

Mix, K. S. (2019). Why are spatial skill and mathematics related?. Child Development Perspectives, 13(2), 121-126.

Nasution, T. (2018). Membangun kemandirian siswa melalui pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Nay, F. A., & Maure, O. P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar pada Pembelajaran Berbasis Virtual Manipulative. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 177-192.

Niss, M., & Højgaard, T. (2019). Mathematical competencies revisited. Educational Studies in Mathematics, 102(1), 9-28.

Nugraha, A. A. (2018). Analisis koneksi matematis siswa pada materi SPLDV. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59-64.

Nurjanah, E., & Apsoh, S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Persamaan Linear. Jurnal Mutiara Pedagogik, 4(2), 13-24.

PISA. (2015). Programme for International Student Assesment 2015 Result in Focus. Paris: OECD Publishing.

PISA. (2018). Programme for International Student Assesment 2018 Result in Focus. Paris: OECD Publishing.

Ratuanik, M., Sainlia, B., Batkunde, Y., & Nifanngelyau, J. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika SMP Santo Paulus Saumlaki. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(1), 34-47.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA, 3(2), 15–20.

Published

2022-07-25

How to Cite

Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. (2022). Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45-64. https://doi.org/10.59632/leibniz.v2i2.174