Analisis Kesalahan Konsep dalam Penyelesaian Soal Pembagian Siswa Sekolah Dasar

Artikel Leibniz

  • Anggraeni Diyah Universias PGRI Madiun
  • Ervinda Ika Nur Aysah Universitas PGRI Madiun
  • Febriana Nor Fadhilla Universitas PGRI Madiun
  • Widya Ambar Serly Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Universitas PGRI Madiun
Keywords: matematika, konsep, pembagian, sekolah dasar

Abstract

Pemahaman konsep matematis menjadi dasar bagi siswa untuk memahami serta menyelesaikan permasalahan matematika, khususnya dalam operasi hitung. Hal ini dikarenakan, operasi hitung merupakan dasar yang harus dikuasai oleh siswa pada jenjang sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep yang dipahami siswa sekolah dasar mengenai operasi pembagian, serta mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam memahami konsep pembagian pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SDN Bangunsari 02, SDN Bangunsari 03, dan SDN Krandegan yang terdiri dari 2 siswa kelas III, dan 4 siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat butir soal pembagian yang terdiri dari pembagian satuan dengan satuan, satuan dengan puluhan, serta puluhan dengan puluhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa siswa sekolah dasar yang kurang memahami konsep pembagian, tetapi terdapat juga beberapa siswa yang sudah memahami konsep pembagian. Hal ini disebabkan oleh pemahaman siswa yang berbeda-beda terhadap konsep pembagian.

References

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ikhtiar, M. A., Sudirman, & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pecahan Masalah Matematika . JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 14-25.

Rachman. (01/03/2015). Pengertian Dan Tujuan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Diambil kembali dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi: https://disdik.bekasikab.go.id/berita-pengertian-dan-tujuan-pendidikan-di-sekolah-dasar.html pada 01 Juni 2021.

Setyono, A. (2007). Matthemagics. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Urbayatun, S. (2019). Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak (Impementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). Yogyakarta: K-Media.

Utari, D. R., Wardana, M. Y., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 534-540.

Wahyuningtyas, D. T., & Ladamay, I. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Media Wayangmatika. Pancaran, 51-60.

Published
2021-07-30
How to Cite
Anggraeni Diyah, Nur Aysah, E. I., Fadhilla, F. N., Serly, W. A., & Darmadi. (2021). Analisis Kesalahan Konsep dalam Penyelesaian Soal Pembagian Siswa Sekolah Dasar : Artikel Leibniz. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 39-53. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/leibniz/article/view/100
Abstract viewed = 74 times
PDF (Indonesia) downloaded = 48 times