Peer Review Process

Semua Naskah artikel yang masuk (submited) ke Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar akan ditelaah (review) dengan metode Double Blind Review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap subuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis disembunyikan, sehingga reviewer tidak mengetahui artikel siapa yang sedang ditelaah dan penulis juga tidak mengetahui siapa yang menelaah artikelnya. Metode ini digunakan untuk menjaga objektivitas hasil penelaahan.

Setiap artikel akan ditelaah oleh dua orang penelaah (reviewer), 1 penelaah internal dan 1 penelaah eksternal. Jika kedua penelaah hasilnya bertentangan maka wakil ketua dewan redaksi akan menunjuk penelaah ketiga.
Hasil telaah (review) dari para penelaah akan menjadi dasar bagi editor untuk menyimpulkan:

  1. Naskah artikel perlu direvisi
  2. Naskah artikel diterima untuk diterbitkan
  3. Menolak artikel

Naskah artikel ditolak untuk diterbitkan dengan berbagai pertimbangan, di antaranya: 

  1. Naskah artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup (focus and scope)
  2. Naskah artikel tidak mengikuti aturan penulisan di jurnal Edukasi Tematik 
  3. Ada indikasi plagiarisme lebih dari 30%

Review Process:

  1. Author submit the manuscript
  2. Editor Evaluation [some manuscripts are rejected or returned before the review process]
  3. Double-blind peer review process
  4. Editor Decision
  5. Confirmation to the authors