Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.91Keywords:
model pembelajaran role playing, keaktifan belajar siswaAbstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing pada tema udara bersih bagi kesehatan subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan dan mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran role playing. Jenis penelitan yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancanangan tindakan dari Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Margoyoso yang berjumlah 13 siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari 77% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II. Tingkat keaktifan belajar siswa pada prasiklus masih rendah yaitu 54% dengan kategori kurang aktif. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 68% dengan kategori cukup aktif. Meningkat secara signifikan pada siklus II yakni 82% dengan kategori aktif. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik.
Downloads
References
Abdullah Ramli. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran
Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal. Volume 5, Nomor 1, Hal 14-27.
Amri Sofan. (2013). Pengembangan & Model Penelitian dalam Kurikulum 2013.Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto Suharsimi. dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Juliarta, I Putu. T., dkk. (2016). e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD. Volume 6, Nomor 3, Halaman 1-20.
Ningrum, Dian, C. (2020). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung. Lampung.
Saskia, Arna. (2020). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Jambi.
Setyawati, S. Kristin, F. & Anugraheni, I. (2019). Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. Volume VI, Nomor 2, Halaman 93-99.