Virtual Learning sebagai Praktik Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Authors

  • Ramdhan Yurianto UIN Walisongo Semarang
  • Mujahidatul Aliah UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.89

Keywords:

Virtual Learning, Praktik Pembelajaran, Era Digital

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana praktik virtual learning di Kelas 1A SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini dilakukan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang, bulan Februari-April 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IA yang berjumlah 30 peserta. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Platform yang digunakan dalam virtual learning adalah whatsapp (group dan video call), zoom cloud meeting, google slide, dan google form, sehingga jenis komunikasinya meliputi dua model sekaligus (sinkronus dan asinkronus). 2) Dari 30 peserta didik, 20-25 diantara mereka selalu aktif mengikuti pertemuan tatap muka virtual melalui zoom meeting. 3) Meski pembelajaran dilakukan secara virtual, guru tetap melakukan tiga jenis penilaian, yaitu penilaian kognitif melalui google form, penilaian sikap yang dilihat dari kedisiplinan peserta didik mengikuti zoom meeting, dan penilaian keterampilan melalui penugasan-penugasan yang dikemas menjadi foto maupun video (Hal ini tentu saja sesuai dengan penilaian dalam standar K-13). 4) Adapun kelebihan dilaksanakannya virtual learning di kelas I diantaranya adalah menekan persebaran virus covid-19 dimana saat ini Indonesia masih berada dalam situasi pandemi. Virtual learning ini juga menuntut guru untuk terus mengasah kemampuannya dalam bidang IT, sehingga peserta didik dapat terlayani dengan baik. Selain itu, virtual learning merupakan salah satu jawaban dari tantangan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dan abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Garry, dan Nancy Arsenault. Fundamentals of Educational Research. USA: Routledge Falmer, 2002.

Ilyas Ismail, Muhammad. Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2020.

Irawan, Edi, Syaiful Arif, Fatmahanik Ulum, and Wirawan Fadly. Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi Transformasi, Adaptasi, Dan Matamorfosis Menyongsong New Normal. Sleman: Zahir Publishing, 2020.

Saeeful Rahmat, Pupu. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019.

Syuhada Subir, Muhammad. “Fungsi Virtual Learning Dalam Sistem Pembelajaran.” Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam Vol 13, no. No 1 (2020). http://ejournal.stainupacitan.ac.id/index.php/Transformasi/article/download/82/pdf.

Tanduklangi, Amri, and Carlina Amri. Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer (Computer Assister Language Learning). Sleman: Deepublish, 2019.

Widi Asmoro, Siwi. Simulasi Dan Komunikasi Digital SMK/MAK Kelas X. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Penerbit IKAPI), 2019.

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2016. “Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh Dan E-Learning Di Indonesia,”

Published

2021-05-20

How to Cite

Yurianto, R., & Aliah, M. . (2021). Virtual Learning sebagai Praktik Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.89