Strategi Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Sekolah Dasar Melalui Cerita Bergambar

Authors

  • Sumarah Suryaningrum Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.284

Keywords:

cerita bergambar, keterampilan berbahasa, deskriptif kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran bahasa yang efektif melalui penggunaan cerita bergambar dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas 3 SD di salah satu sekolah dasar di Dobo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cerita bergambar sebagai strategi pembelajaran bahasa dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, terutama dalam hal keterampilan membaca dan menulis. Selain itu, penggunaan cerita bergambar juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar sebagai strategi pembelajaran bahasa yang efektif dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berbahasa mereka dan meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran bahasa yang efektif untuk siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Dahlan, U. A. (n.d.). Bercerita dengan Buku Bergambar sebagai Media Peningkatan Keterampilan Literasi Dini Siti Salamah.

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran |114 PENTINGNYA BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI 1*. 02(01), 201–206. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea

Huyler, D., & McGill, C. M. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, by John Creswell and J. David Creswell. Thousand Oaks, CA: Sage Publication, Inc. 275 pages, $67.00 (Paperback). New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 31(3), 75–77. https://doi.org/10.1002/nha3.20258

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (n.d.). (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, Abd. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 322. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085

Rahmawati, R. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1159

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Satria Kurniawan, M., Wijayanti, O., Hawanti, S., & Muhammadiyah Purwokerto, U. (2020). PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR.

Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI/SD dengan media buku bergambar seri. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 173. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699

Windarto, H. K. (2020). KAJIAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA JURNAL BERGAMBAR DI SEKOLAH DASAR. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775

Published

08-05-2023

How to Cite

Strategi Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Sekolah Dasar Melalui Cerita Bergambar. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.284