Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup di Kelas VI SD Hobatete Laboya Barat

  • Konradus Silvester Jenahut Universitas San Pedro
  • Melkianus Pote Hadi Universitas Karyadarma Kupang
Keywords: Model Pembelajaran Inquiri, Hasil Belajar, Makhluk Hidup

Abstract

Pendidikan merupakan suatukompentensi yang harus dimiliki sebuah bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sebagai penunjang pembangunan bangsa tersebut. Pendidikan juga seharusnya berorientasi pada kreasi-kreasi baru dan kepada sifat dan hakekat anak didik. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan mempelajari segala sesuatu yang terjadi maupun yang sedang atau akan terjadi dalam kehidupan manusia. Tak terkecuali pendidikan IPA karena IPA adalah sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari imulain, sehingga ilmu pengetahuan alam saling berkaitan dengan ilmu yang lain. Penerapan model pembelajaran yang baik harus dilakukan agar mendukung proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini berlaku untuk semua mata pelajaran termasuk pendidikan IPA di sekolah .Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi ciri-ciri khusus makhluk hidup, dengan menggunakan Metode Inquiri, Siswa Kelas VI SD Inpres Hobatete? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan refleksi berulang dan terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VI SD Inpres Hobatete tahun pelajaran 2016/2017sebanyak 25siswa. Hasil penelitian siklus I dengan menerapkan Model Pembelajaran Inquri pada pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal (KB) 92 % dan sudah mencapai criteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan siklus II yang menekankan pada perbaikan pada siklus I dengan menerapkan model Pembelajaran Inquiri pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu100 %. Hal ini menunjukan bahwa KKM sudah tercapai. Kesimpulannya penerapan Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup siswa kelas VI SD Inpres Hobatete.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani Durri. 2014. MetodePenelitian. Tangerang Selatan: UversitasTerbuka

Arikunto, Suharsini. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAngkasa

Hariyono S.Pd. 2013. Model Pembelajaran IPA. Yogyakarta: Kepel Press

Noehi Nasution, Dkk. 2002. Pendidikan IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Sobry, Sutikno. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Prospect

Suliyanto Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/ MI Kelas V. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

W. Anita Sri. 2009. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta : Universita Terbuka
Published
2020-11-12
How to Cite
Jenahut, K. S., & Hadi, M. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup di Kelas VI SD Hobatete Laboya Barat. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 31-41. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/26
Abstract viewed = 133 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 33 times