Implementasi Pembelajaran PKN dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Agni Zein Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.241

Keywords:

PKn, Karakter, Siswa, SD

Abstract

Pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk pendidikan karakter sehingga implementasinya dapat membantu dalam pembentukan karakter generasi bangsa di Indonesia. Melalui pendidikan karakter peserta didik diajarkan untuk memiliki sikap dan perilaku yang baik. Pendidikan karakter bertujuan untuk kembali menghidupkan karakter warga negara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, antara lain nilai ketaqwaan, nilai keimanan, nilai kejujuran, nilai kepedulian, hingga nilai etika atau sopan santun. PKn merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengimplementasikan nilai-nilai dalam pendidikan karakter kepada peserta didik, karena tujuan PKn pada dasarnya adalah untuk menciptakan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, pembelajaran PKn dapat diimplementasikan untuk membentuk karakter generasi muda Indonesia terutama mulai dari peserta didik di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, dkk. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah

Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 3(2).

Fryska, dkk. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Tambusai: UPI. 5(3).

Hardini, T. (2015). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Melalui Metode Sosiodrama Di Kelas 5 Sd Tlompakan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 5(3).

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 2(2).

Pertiwi, A. Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5).

Syam, N. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 24(3)

Published

08-05-2023

How to Cite

Implementasi Pembelajaran PKN dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 19-24. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.241