Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peredaran Darahku Sehat di Kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS

Authors

  • Dewi Hartini da Silva Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • Taty R. Koroh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.239

Keywords:

Model pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Peredaran Darahku Sehat

Abstract

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIT Kapan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 60 dengan rata-rata 75% yang berkategori baik , Siklus II dengan jumlah skor yang diperoleh adalah 81 dengan rata-rata mencapai 92,05% yang berkategori sangat baik, (2) Keaktifan siswa pada siklus I, diperoleh skor sebesar 1147 dengan rata-rata mencapai 68,93% yang berkategori baik. Pada siklus II, diperoleh skor 1980 dengan rata-rata 95,41% berkategori baik sekali, (3) hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh skor 1980, rata-rata mencapai 61,87 dan ketuntasan sebesar 50%. Pada siklus II, diperoleh skor 2850, nilai rata-rata mencapai 89,06, ketuntasan 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peredaran darahku sehat di kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amris, Firda. 2021. Pembelajaran Tematik Teradu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Padang: Indonesia. Volume 5 No. 4 (2174-2175)

Arikunto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Nuraini, Firosalia. 2017. Penggunaan Model Problem Based learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Volume 1 No. 4 (369-374)

Rustaman, Nuryani, dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Setiyaningrum, Monika. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Volume 1 No.4

Sudasma, I Ketut. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Santiaji Pendidikan. Volume 10 No. 2

Sudjana, 2008. Penelitian Hasil Belajar Mengajar, Jakarta. Remaja Rosda karya.

Sudjana Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya

Syamsidah dan Suryani, Hamidah. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). Sleman: CV Budi Utama.

Wardani, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Wadani, Naniek dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widia Sari

Wulandari Eni, dkk. 2012. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret. Volume 2 No. 2 (100-102)

Published

08-05-2023

Scite_ Smart Citation

How to Cite

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peredaran Darahku Sehat di Kelas V SD GMIT Kapan 1 Kabupaten TTS. (2023). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 25-31. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.239

Similar Articles

1-10 of 44

You may also start an advanced similarity search for this article.