Pemanfaatan Video Animasi sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan "Asmaul Husna" bagi Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Mila Merliana Ridwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dhea Syania Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aliffia Annissa Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.171

Keywords:

Animasi, Asmaul Husna, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik sekolah dasar kelas 3 di SDN Sidamukti I mengenai materi pelajaran Asmaul Husna. Tidak hanya mengetahui Asmaul Husna saja, namun juga mengetahui tentang bagaimana cara meneladani asmaul husna sehingga peserta didik memiliki sifat atau akhlak yang baik dari mencontoh atau meneladani Asmaul Husna. Pemanfaatan video animasi dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga tidak timbul rasa bosan. Video animasi tersebut memiliki dampak positif untuk menstimulasi anak sehingga dapat termotivasi atau timbul minat siswa dalam pembelajaran terhadap materi pelajaran, selain itu strategi yang digunakan tidak berpusat pada guru melainkan berpusat pada peserta didik sehingga disini peserta didik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan "Asmaul Husna" Bagi Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar, mengalami peningkatan yaitu diketahui dari pengetahuan pra siklus 30%, lalu pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Malinda, L., Aeni, A. N., & Kurnia, D. Tingkat Pemahaman Guru SD terhadap Media Berbasis ICT pada Pembelajaran IPS (Survei terhadap Guru SD se-Kecamatan Tanjungmedar). Jurnal Pena Ilmiah, 3(2).

Aeni, A. N., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2019, October). The impact of the internet technology on teacher competence and student morality. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121.

Khoirunnisa, L. (2017). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MA Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 51-68.

Nasution, A. T. (2009). Melejitkan SQ Dengan Prinsip 99 Asmaul Husna. PT Gramedia Pustaka Utama.

Faruq, U. (2021). Khasiat & Fadhilah 99 Asma'ul Husna: Nama-nama Indah Allah SWT. Pustaka Media.

Patimah, P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Asmaul Husna Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flipchart pada Siswa Kelas II SD Negeri 14 Pemulutan Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. (Skripsi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Asih, P., & Sunarso, A. (2020). Implementation of Character Education to Improve the Students Discipline Through Habituation of Nadzam Asmaul Husna Recitation at Grade IV. Elementary School Teacher, 3(1).

Mustakim, Z., & MULYANI, A. E. (2013). TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asmaul Husna Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Karangmoncol Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Supartinah, T. (2014). Rahasia Kedahsyatan Asmaul Husna. Lembar Langit Indonesia.

Dewi, M., Wardani, K. D. K., Suhatman, R., & Kamila, A. (2021). Penerapan Video Animasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Al-Ittihad Pekanbaru. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 45-52.

Sari, P. I., & Yulianto, L. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sooka 1 Punung Kabupaten Pacitan. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(4).

M. Ali Hasan Umar, Khasiat dan Fadhilah Asmaul Husna (Semarang: Kaifa Toha Putra, 1979), h.10

Sari, P. I., & Yulianto, L. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sooka 1 Punung Kabupaten Pacitan. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(4).

Dewi, M., Wardani, K. D. K., Suhatman, R., & Kamila, A. (2021). Penerapan Video Animasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Al-Ittihad Pekanbaru. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 45-52.

Timothy J. Ellis, Yair Levy. (2010). A Guide for Novice Research: Design and Development Research Method, (Informing Science Institute, 2010)

Moh Kasiram, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, UIN MALIKI PRESS Malang, 2010, hal 218

Aeni, A. N., Nursyafitri, A. A., Fachrina, A. Z., Putri, T. A., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2022). PENGEMBANGAN WEBSITE CARRD SEBAGAI SARANA DAKWAH. 7(1), 1–17.

Rickey dan Klein (2007) https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/2208

Published

25-05-2022

How to Cite

Pemanfaatan Video Animasi sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan "Asmaul Husna" bagi Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. (2022). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 9-15. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.171