Pemanfaatan Video Animasi sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan "Asmaul Husna" bagi Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1.171Keywords:
Animasi, Asmaul Husna, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik sekolah dasar kelas 3 di SDN Sidamukti I mengenai materi pelajaran Asmaul Husna. Tidak hanya mengetahui Asmaul Husna saja, namun juga mengetahui tentang bagaimana cara meneladani asmaul husna sehingga peserta didik memiliki sifat atau akhlak yang baik dari mencontoh atau meneladani Asmaul Husna. Pemanfaatan video animasi dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, suasana pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga tidak timbul rasa bosan. Video animasi tersebut memiliki dampak positif untuk menstimulasi anak sehingga dapat termotivasi atau timbul minat siswa dalam pembelajaran terhadap materi pelajaran, selain itu strategi yang digunakan tidak berpusat pada guru melainkan berpusat pada peserta didik sehingga disini peserta didik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan "Asmaul Husna" Bagi Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar, mengalami peningkatan yaitu diketahui dari pengetahuan pra siklus 30%, lalu pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 85%.
Downloads
References
Malinda, L., Aeni, A. N., & Kurnia, D. Tingkat Pemahaman Guru SD terhadap Media Berbasis ICT pada Pembelajaran IPS (Survei terhadap Guru SD se-Kecamatan Tanjungmedar). Jurnal Pena Ilmiah, 3(2).
Aeni, A. N., Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2019, October). The impact of the internet technology on teacher competence and student morality. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121.
Khoirunnisa, L. (2017). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI MA Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 51-68.
Nasution, A. T. (2009). Melejitkan SQ Dengan Prinsip 99 Asmaul Husna. PT Gramedia Pustaka Utama.
Faruq, U. (2021). Khasiat & Fadhilah 99 Asma'ul Husna: Nama-nama Indah Allah SWT. Pustaka Media.
Patimah, P. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Asmaul Husna Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flipchart pada Siswa Kelas II SD Negeri 14 Pemulutan Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir. (Skripsi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Asih, P., & Sunarso, A. (2020). Implementation of Character Education to Improve the Students Discipline Through Habituation of Nadzam Asmaul Husna Recitation at Grade IV. Elementary School Teacher, 3(1).
Mustakim, Z., & MULYANI, A. E. (2013). TIDAK TERSAJI: Implementasi Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asmaul Husna Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 02 Karangmoncol Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Supartinah, T. (2014). Rahasia Kedahsyatan Asmaul Husna. Lembar Langit Indonesia.
Dewi, M., Wardani, K. D. K., Suhatman, R., & Kamila, A. (2021). Penerapan Video Animasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Al-Ittihad Pekanbaru. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 45-52.
Sari, P. I., & Yulianto, L. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sooka 1 Punung Kabupaten Pacitan. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(4).
M. Ali Hasan Umar, Khasiat dan Fadhilah Asmaul Husna (Semarang: Kaifa Toha Putra, 1979), h.10
Sari, P. I., & Yulianto, L. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Asma’ul Husna Pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sooka 1 Punung Kabupaten Pacitan. SPEED-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 9(4).
Dewi, M., Wardani, K. D. K., Suhatman, R., & Kamila, A. (2021). Penerapan Video Animasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Al-Ittihad Pekanbaru. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 45-52.
Timothy J. Ellis, Yair Levy. (2010). A Guide for Novice Research: Design and Development Research Method, (Informing Science Institute, 2010)
Moh Kasiram, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, UIN MALIKI PRESS Malang, 2010, hal 218
Aeni, A. N., Nursyafitri, A. A., Fachrina, A. Z., Putri, T. A., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2022). PENGEMBANGAN WEBSITE CARRD SEBAGAI SARANA DAKWAH. 7(1), 1–17.
Rickey dan Klein (2007) https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/2208
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.