Implementasi Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Katolik Seturut Deklarasi Gravissimum Educationis di Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (Stiper Fb)

  • Paulus Yanuarius Azi Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa
Keywords: implementasi, Gravissimum Educationis,, STIPER FB

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Katolik Seturut Deklarasi Gravissimum Educationis di Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER FB)”. Judul ini dipilih berdasarkan kesan penulis melalui pengamatan sepintas terhadap pelaksanaan Pendidikan Katolik di STIPER FB yang masih perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan tujuan untuk 1).Sejauh mana prinsip Gravissimum Educationis sudah diterapkan dalam proses pendidikan 2). Kendala apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan prinsip Gravissimum Educationis dalam proses pendidikan 3). Bagaimana profesionalisme Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa dalam menerapkan sistem pendidikan katolik melalui beberapa proses yaitu: observasi lapangan, interview personal. Data yang diperoleh dengan hanya digunakan 1 trianggulasi data yaitu trianggulasi sumber yang juga disebut sebagai trianggulasi data. Dengan mengkaji pemahaman dan banyak sumber untuk prinsip Gravissimum Educationis hasilnya adalah prinsip Gravissimum Educationis (semangat injil, kerahiman dalam mendidik, lulus dalam ilmu keagamaan), sudah dihidupi dalam pembinaan para mahasiswa meskipun belum secara keseluruhan. Kendala yang dialami lembaga pendidikan dalam memerapkan prinsip Gravissimum Educationis. Kesimpulannya penerapan prinsip Gravissimum Educationis dalam proses pendidikan di Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa yang sudah menjadi Roh bagi seluruh civitas akademika namun sebagai lembaga pendidikan tinggi yang baru proses pembenahan harus tetap dilaksanakan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freire, Paulo. (2007). Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.
Hardawiryana, R. (Penerjemah). (2013).Dokumen Konsili Vatikan II .Jakarta: Obor,.
Heuken, Adolf. Ensiklopedi Gereja Jilid II C-G. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Cakara,--.
Paus Fransiskus, Laudato Si, penerjemah. Alb. Martinus Harun.(2016).Jakarta: Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI,
Republik Indonesia.Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pelaksanaannya.Pertimbangan.
Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (STIPER-FB). Panduan Pendidikan Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa. Edisi 2020.
Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 517/ m/2020.
Suryasubroto,B(1982).. Beberapa Aspek Dasar Kependidikan .Yogyakarta: Rineka Cipta
Published
2021-05-30
How to Cite
Azi, P. Y. (2021). Implementasi Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Katolik Seturut Deklarasi Gravissimum Educationis di Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa (Stiper Fb). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 91-98. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/135
Abstract viewed = 38 times
PDF (BAHASA INDONESIA) downloaded = 10 times