Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Cloze Procedure

  • Tri Asti Prabandari SMP Negeri 1 Karangkobar
Keywords: kemampuan menulis, teks deskripsi, cloze procedure, bahasa inggris

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VIII E dalam menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Teknik yang dipilih dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Cloze Procedure. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangkobar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E  yang berjumlah 32 siswa dengan menerapkan teknik cloze procedure dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskripsi siswa sebesar 58 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 25%,maka dilakukan penelitian pada siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 62,5%. Karena belum mencapai indikator keberhasilan, maka dilakukan Siklus III. Hasil yang diperoleh pada sikulus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 70, dan persentase klasikal sebesar 81,25 %. Penerapan teknik cloze procedure sebagai teknik pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dlam menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Oleh karena itu disarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan teknik cloze procedure dalam mengajarkan keterampilan menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Aplikasi Appypie di SMK Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695-701.

Darmiaty, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narrative Bahasa Inggris Melalui Penerapan Teknik Cloze Procedure. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 2(2).

Hidayat, M. T., & Bahry, R. (2017). Pengaruh Penerapan Teknik Cloze Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 6 Banda Aceh. Master Bahasa, 5(1), 8-17.

Jati, A. D. (2015). Penerapan Cloze Procedure (Teknik Klose) Dalam Pembelajaran Kosa Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V Sdn Kenari Kecamatan Kasemen Kota Serang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kosasih. (2006). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.

Nuraini, N. (2018). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Narrative Bahasa Inggris Melalui Penerapan

Teknik Cloze Procedure Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Syamtalira Aron. Jurnal Media Inovasi Edukasi (JMIE), 4(3), 499-507.

Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2).

Tungka, N. F. (2010). Teknik penguasaan english vocabulary dalam pembelajaran bahasa inggris. MEDIA LITBANG SULTENG, 3(1).

Wahyuni, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Deskriptif dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Sistematis Cloze Prosedur untuk Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Kabupaten Aceh Besar. Visipena Journal, 5(2), 14-24.

Published
2020-11-12
How to Cite
Prabandari, T. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Cloze Procedure. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 16-22. Retrieved from https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/13
Abstract viewed = 133 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 129 times