Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Trigonometri pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMA Negeri 7 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v1i1.12Keywords:
hasil belajar, trigonometri, discovery learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang pokok bahasan trigonometri pada siswa kelas XI IPA-1 SMAN 7 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Bogor pada bulan Juli s.d Desember 2018. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA-1 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. hasil ulangan rata-rata memperoleh nilai 62,12. Dari 33 peserta didik hanya 9 peserta didik atau 27,27% yang memperoleh nilai di atas KKM, dan 24 peserta didik atau 72,72% memperoleh nilai di bawah KKM. Pada Siklus I menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan atau ketuntasannya terjadi peningkatan dibandingkan dengan sebelum dilakukan penelitian walaupun masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 72,73. Peserta didik yang hasil belajarnya di atas KKM ada 20 orang atau 60,61% dari nilai KKM. Siklus II rata-rata nilai peserta didik 82,88 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Peserta didik yang hasil belajarnya di atas KKM ada 32 orang atau 96,97% dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar Trigonometri dan hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Bogor.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (1998). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Castronova, J. (2001). Discovery learning for the 21st Century: What Is It and How Does It Compare to Traditional Learning in Effectiveness in The 21st Century?. http://teach.valdosta.edu/are/Litreviews/Vol1no1/Castronova_litr.pdf. (diunduh 16 Agustus 2018).
Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hodoyo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Imron, Ali. (1996). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . (2014). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta ; Badan Standar Nasional Pendidikan.
Endah Retnowati, Heri Retnawati, Atang Supriadi. ( 2012). Matematika Kelas IX Kurikulum 2006. Bandung: Grafindo.
Ridwan, Sa’adah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Sendiri.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengajaran Mamatika 3. Jakarta: Depdikbud.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Soejadi, R. dan Djoko Moesono. (1996). Matematika-2 Petunjuk Guru. Jakarta: Balai Pustaka.
Soemoenar. (1994). Metoda Mengajar Matematika Sekolah. Makalah disampaikan pada penataran kepala-kepala sekolah dasar. Jakarta: Depdikbud.
Sudjana, Nana.( 2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: VDI-JICA.
Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Uzer dan Lilis Setiawari. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Winkel, WS. (2002). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentutan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.