Keefektivitasan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah Pada Kelas II SDN Grogol 05 pagi

Authors

  • Dedy Kurniawan Dedy Kurniawan Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i2.114

Keywords:

Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektivitasan pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika materi perkalian bilangan cacah pada kelas II SDN Grogol 05 Pagi. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, serta untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan instrumen tes yang kemudian disebar melalui GoogleForm. Masalah yang ditemui dalam penelitian ini adalah pelajaran matematika yang dirasa sulit dipelajari pada pembelajaran daring, sehingga menyebabkan beberapa peserta didik mengalami penurunan pada hasil belajarnya. Seperti yang terjadi di SDN Grogol 05 Pagi yang terdapat beberapa peserta didik mengalami rendahnya perolehan hasil belajar matematika dengan presentasi 23%. Hasil penelitian dengan uji parsial diperoleh thitung = 1,169 < ttabel = 2,042. Hasil ini menunjukan bahwa H1 ditolak yang diartikan bahwa terdapat pengaruh dengan koefisien determinasi sebesar 4,4%, sedangkan sisahnya sebesar 95,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

29-11-2021

How to Cite

Keefektivitasan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah Pada Kelas II SDN Grogol 05 pagi. (2021). Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 34-44. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i2.114