Strategi Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Sekolah Dasar Melalui Cerita Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v4i1.284Keywords:
cerita bergambar, keterampilan berbahasa, deskriptif kualitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran bahasa yang efektif melalui penggunaan cerita bergambar dalam rangka meningkatkan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas 3 SD di salah satu sekolah dasar di Dobo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cerita bergambar sebagai strategi pembelajaran bahasa dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, terutama dalam hal keterampilan membaca dan menulis. Selain itu, penggunaan cerita bergambar juga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar sebagai strategi pembelajaran bahasa yang efektif dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berbahasa mereka dan meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran bahasa yang efektif untuk siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Dahlan, U. A. (n.d.). Bercerita dengan Buku Bergambar sebagai Media Peningkatan Keterampilan Literasi Dini Siti Salamah.
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran |114 PENTINGNYA BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI 1*. 02(01), 201–206. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea
Huyler, D., & McGill, C. M. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, by John Creswell and J. David Creswell. Thousand Oaks, CA: Sage Publication, Inc. 275 pages, $67.00 (Paperback). New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 31(3), 75–77. https://doi.org/10.1002/nha3.20258
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (n.d.). (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, Abd. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 322. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085
Rahmawati, R. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1159
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Satria Kurniawan, M., Wijayanti, O., Hawanti, S., & Muhammadiyah Purwokerto, U. (2020). PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR.
Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI/SD dengan media buku bergambar seri. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 173. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699
Windarto, H. K. (2020). KAJIAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA JURNAL BERGAMBAR DI SEKOLAH DASAR. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta atas artikel apapun pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis mengakui bahwa Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.